Pendidikan
Des1

Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien di Rumah

0 komentar

Belajar Yang Efektif Dan Efisien di Rumah – Apapun pekerjaan yang akan kita lakukan pasti menuntut adanya prinsip efektivitas dan juga efisiensi. Pekerjaan yang kita lakukan dengan efektif dan efisien akan mengantarkan seseorang guna mencapai hasil yang baik dan memuaskan. Prinsip efektivitas dan efisiensi sudah pasti membutuhkan prosedur dan langkah-langkah tertentu juga.

cara-belajar-yang-efektif-dan-menyenangkan-di-rumah

Begitu juga halnya dengan segala aktivitas belajar siswa. Supaya mendapatkan hasil belajar atau prestasi belajar sesuai dengan yang diinginkan perlu adanya prosedur dan langkah-langkah di dalam kegiatan belajar.

Pada kenyataannya semua siswa dapat melakukan aktivitas belajar secara baik. Hanya saja yang bisa menguasai cara belajar yang efektif dan efisien di rumah akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik lagi.

Bagaimana cara belajar yang efektif dan juga efisien? Berikut ini akan saya bagikan kepada anda semua terkait beberapa cara alternatif yang mungkin bisa anda terapkan di rumah:

1. Belajarlah di waktu yang tepat

Aktivitas belajar memang membutuhkan konsentrasi sehingga akan mudah menyerap materi belajar. Ini artinya kegiatan belajar tak dapat diselingi dengan kegiatan yang lainnya. Oleh karena itu belajar di rumah dilakukan pada waktu yang memungkinkan untuk belajar.

Carilah waktu belajar yang membuat anda dapat konsentrasi secara penuh. Biasanya setiap siswa memiliki waktu yang berbeda dalam belajar.

2. Belajar di dalam suasana nyaman

Tidak mungkin belajar ketika dalam suasana yang hiruk pikuk. Oleh karena itu ciptakanlah suasana dan kondisi belajar yang nyaman. Apabila tak memungkinkan belajar di rumah, cobalah di tempat lain yang tenang dan juga nyaman. Misalnya di tempat yang rindang dan juga hawanya sejuk. Bebas dari kebisingan sekitar anda.

3. Belajar dilengkapi dengan bahan dan sumber belajar

Buku catatan anda memang butuh dilengkapi dengan buku sumber belajar yang relevan. Begitu juga gadget yang memiliki koneksi internet bisa digunakan untuk mencari tahu sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran.

4. Belajar dengan rutin

Kebiasaan yang biasa terjadi ialah menumpuk atau menunda-nunda belajar sehingga materi pelajaran yang akan kita pelajari menjadi banyak. Atau hanya belajar saat ada ulangan di sekolah. Ini kebiasaan yang bisa dibilang kurang baik dan dapat menimbulkan kemalasan untuk belajar. Sebaiknya anda membiasakan belajar dengan rutin walaupun hanya beberapa menit saja.

5. Belajar dengan cara berkelompok

Belajar berkelompok akan lebih efektif daripada belajar sendirian. Dengan cara berkelompok bisa saling berdiskusi atau bertukar pikiran terkait dengan bahan pelajaran yang didiskusikan. Selain itu juga bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dengan anggota kelompok lainnya.

Itulah tadi beberapa cara belajar yang efektif dan efisien di rumah supaya meraih hasil belajar yang memuaskan, jika ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jangan lupa berikan komentar ada pada kolom komentar di bawah ini, salam  blogger…. Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien di Rumah"

Tinggalkan pesan "Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien di Rumah"