Pendidikan
Apr14

AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR)

0 komentar

Artikel kali ini membahas tentang model pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran AIR, ingin tahu apa itu pembelajaran AIR? oke kita langsung saja bahas tentang pembelajaran AIR

Model pembelajaran AIR merupakan singkatan dari Auditory, Inteellectual, dan Repetition. Belajar bermodel auditory, yaitu belajar mengutamakan berbicara dan mendengarkan. Belajar auditory sangat diajarkan terutama oleh bangsa Yunani Kuno karena filsafat mereka adalah jika mau belajar lebih banyak tentang apa saja, bicarakanlah tanpa henti. Sementara menurut Erman Suherman (2008) auditory bermakna bahwa belajar haruslah melalui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menangggapi.

Menurut Dave Meier (2003:99) intellectualy menunjukkan apa yang dilakukan pembelajaran dalam pemikiran suatu pengalaman dan menciptakan hubungan makna, rencana, dan nilai dari pengalaman tersebut. Pengulangan dapat diberikan secara teratur, pada waktu-waktu tertentu atau setelah tiap unit yang diberikan, maupun ketika dianggap perlu pengulangan. Intellectually juga bermakna belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (mind-on), haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.

Menurut Erman Suherman (2008) repetition merupakan pengulangan, dengan tujuan memperdalam dan memperluas pemahaman siswa yang perlu dilatih melalui pengerjaan soal, pemberian tugas, dan kuis. Pengulangan dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan agar pemahaman siswa lebih mendalam, disertai pemberian soal dalam bentuk tugas latihan atau kuis. Dengan pemberian tugas, diharapkan siswa lebih terlatih dalam menggunakan pengetahuan yang di dapat dalam menyelesaikan soal dan mengingat apa yang telah diterima. Sementara pemberian kuis dimaksudkan agar siswa siap menghadapi ujian atau tes yang dilaksanakan sewaktu-waktu serta melatih daya ingat.

Berikut beberapa langkah dari model pembelajaran AIR yang diterapkan dalam proses pembelajaran:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok 4-5 anggota.
  2. Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru.
  3. Setiap kelompok mendiskusikan tentang materi yang mereka pelajari dan menuliskan hasil diskusi tersebut dan selanjutnya, untuk dipresentasikan di depan kelas (auditory).
  4. Saat proses diskusi berlangsung, siswa mendapatkan soal atau permasalahan yang berkaitan dengan materi.
  5. Masing-masing kelompok memikirkan cara menerapkan hasil diskusi serta dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah (intellectual).
  6. Setelah selesai berdiskusi, siswa mendapat pengulangan materi dengan cara mendapatkan tugas atau kuis untuk tiap individu (repetition).

Setiap model pembelajaran memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya amsing-masing. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki model pembelajaran AIR ini di antaranya:

  1. Siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
  2. Siswa memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan secara komprehensif.
  3. Siswa dengan kemampuan rendah dapat merespons permasalahan dengan cara mereka sendiri.
  4. Siswa secara intrinsic termotivasi untuk memberikan bukti atau penjelasan.
  5. Siswa memiliki pengalaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab permaslaahan.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki model pembelajaran AIR, di antaranya adalah:

  1. Membuat dan menyiapkan masalah yang bermakna bagi siswa bukanlah pekerjaan mudah. Upaya memperkecilnya guru harus mempunyai persiapan yang lebih matang sehingga dapat menemukan masalah tersebut.
  2. Mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahami siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan.
  3. Siswa dengan kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.

Sekian artikel yang telah kami sajikan tentang pembelajaran AIR semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua, jangan lupa berikan kritik dan saran Anda pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR)"

Tinggalkan pesan "AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR)"