Kesehatan
Mei28

Manfaat Olahraga Lari Untuk Tubuh

0 komentar

Siapapun tidak ingin terserang penyakit, dan menginginkan tubuhnya selalu sehat. Untuk menciptakan tubuh yang sehat, salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan, namun karena kesibukan sering terlewatkan oleh semua orang. Atau bisa juga karena malas sehingga orang tidak mau berolahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa anda lakukan sesuai kegemaran. Mungkin jogging (sebutan bagi olahraga lari) bisa menjadi olahraga yang disukai oleh sebagian orang. Solusi terbaik di sela rutinitas harian yang cukup padat dan termasuk olahraga yang murah meriah.

Jogging merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang, hanya bermodalkan pakaian olahraga dan sepatu. Kemudian tentukan jarak yang akan ditempuh selama jogging itu. Bisa sambil mendengarkan lagu kesukaan melalui headset dan handphone. Waktunya sendiri bisa dilakukan pada pagi hari, siang dan sore hari. Bahkan pada beberapa komunitas jogging, ada yang melakukannya pada malam hari.

Jogging menjadi olahraga yang praktis, tidak membutuhkan lawan bertanding, sendirian saja juga bisa. Tapi agar jogging lebih seru dan mengasyikkan sebaiknya mengajak anggota keluarga yang lain, teman, pasangan atau siapa saja yang menyukai jogging.

Sebelum membahas Manfaat Olahraga Lari Untuk Tubuh pada artikel ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu persiapan ketika akan melakukan olahraga lari. Persiapan ini penting dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu agar terhindar dari resiko cedera, apalagi jika anda termasuk pemula dalam olahraga lari.

Minum air putih, cukupi tubuh anda dengan asupan air agar tidak terjadi dehidrasi saat jogging. Gunanya untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang. Hindari minuman suplemen, soda, kopi atau teh. Ingat, jangan sampai perut kembung dengan air karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat jogging.

Siapkan perlengkapan yang nyaman, meliputi baju, celana dan sepatu yang nyaman untuk digunakan saat jogging. Pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak terlalu ketat.

Lakukan pemanasan, hal ini penting agar otot-otot tidak terlalu tegang dan menghindari resiko cedera. Anda bisa memulainya dengan gerakan-gerakan ringan, seperti gerakan menekuk lutut perlahan, merentangkan kaki, dan gerakan lainnya.

Mulai secara perlahan, bagi pemula mungkin bisa berjalan kaki terlebih dahulu menempuh jarak secukupnya. Kemudian jika merasa kuat, ganti dengan berlari perlahan. Dan akhirnya jogging sesuai kemampuan.

Ingat, jangan memaksakan diri jika memang belum bisa menempuh jarak yang cukup jauh. Beristirahat dan sudahi saja joggingnya jika tubuh mulai merasa lelah. Yang terpenting dari jogging adalah kemampuan anda dalam menjaga daya tahan, bukan jarak yang ditempuh. Kemudian, jogging yang rutin lebih baik daripada jogging yang jauh tapi tidak rutin. Setelah mengetahui persiapan yang harus dilakukan, sekarang saatnya anda mengetahui Manfaat Olahraga Lari Untuk Tubuh.

Secara tidak langsung, mengetahui manfaat olahraga lari ini akan memotivasi diri anda untuk merutinkan olahraga. Bukan hanya bermanfaat pada fisik saja, akan tetapi juga bermanfaat pada psikis. Simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Olahraga Lari dari segi psikis

Membangun kepercayaan melalui jogging secara rutin akan membuat jiwa lebih kuat dan siap mengatasi setiap cobaan yang mendera. Sebab, filosofi lari akan diserap jiwa melalui keyakinan memperkirakan kemampuan tubuh dalam menempuh jaraknya.

1. Melatih Pikiran

Secara Psikis, dengan jogging yang rutin kemampuan pikiran seseorang akan terlatih menjadi lebih baik. Ketika menemukan rintangan saat jogging, anda bisa belajar fokus dan lebih cepat dalam menyingkirkannya. Hal tersebut kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka jiwa pun lebih terkendali. Selain melatih pikiran, jogging juga akan memberikan ketahanan mental yang lebih kuat.

2. Memudahkan Anda dalam Memecahkan Masalah

Perjalanan hidup yang semakin hari semakin berat, seringkali menimbulkan masalah-masalah tidak terduga. Baik yang berlatar belakang keluarga, ekonomi atau masalah di pekerjaan. Dengan jogging, anda mempunyai waktu untuk berpikir dan mencari inspirasi solusi yang bisa dipilih. Ketika mendapatkan permasalahan dalam hidup, maka berlarilah untuk mendapatkan waktu sendiri dan mengenyahkan kekacauan pikiran. Dijamin, pikiran akan lebih fresh dan mudah menemukan solusinya. Tidak percaya? Silahkan anda mencobanya. Selain itu, ketika anda sedang menyimpan kemarahan, jogging atau berlari akan menyingkirkan kemarahan dan menghilangkan stress.

Manfaat jogging yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah perbaikan sikap. Jogging membuat tubuh anda memproduksi hormone endorphin yaitu hormon yang memberikan rasa bahagia. Sangat efektif ketika jogging dijadikan cara untuk memerangi depresi klinis yang sangat lama.

Manfaat Olahraga Lari dari segi Fisik

1. Meningkatkan Stamina

Membangun stamina tubuh menjadi lebih baik bisa dicapai dengan merutinkan jogging. Stamina tubuh yang prima akan meningkatkan produktivitas kerja sepanjang hari, terutama bagi anda yang memiliki kegiatan yang sangat dinamis. Jika anda merasa lesu ketika bekerja, maka setelah merutinkan jogging, kondisi fisik pun akan terasa lebih baik.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pembakaran lemak akan terjadi saat anda jogging, baik itu jogging di pagi hari, siang hari atau sore hari. Minimal, tidak ada lemak jahat yang mengendap dalam tubuh, jauh lebih sehat dan tentunya sirkulasi darah semakin lancar.

3. Memperkuat Otot

Orang yang sering jogging atau berlari, biasanya memiliki tubuh yang ideal atau bahkan kurus, akan tetapi otot-otot tubuhnya sangat kuat. Selain otot yang kuat, kepadatan tulang pun meningkat terutama tulang belakang, tulang pinggul dan tulang kaki. Jogging juga mencegah hilangnya massa otot dan massa tulang yang berkaitan erat dengan usia.

4. Mengurangi Resiko Penyakit

Resiko kanker, stroke jantung, hipertensi, osteoporosis, diabetes dan gangguan kekebalan tubuh dapat diperangi dengan merutinkan jogging. Jantung akan lebih kuat dan tekanan darah lebih terjaga, sehingga meminimalkan serangan jantung. Paru-paru menjadi lebih kuat dan mampu menghirup oksigen lebih baik. Sirkulasi darah yang lancar akibat jogging membuat darah dapat mengangkut lebih banyak nutrisi penting ke seluruh organ tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jangan khawatir, bagi anda yang memiliki berat badan berlebih bisa merutinkan jogging. Tak perlu ke pusat gym untuk menurunkan berat badan, jogging lebih murah karena tidak mengeluarkan uang. Hanya bermodalkan sepatu dan pakaian, anda bisa menurunkan berat badan dengan mudah. Kuncinya adalah konsistensi merutinkan jogging. Latihan pembakaran lemak terjadi saat anda jogging, salah satunya lemak yang ada pada perut. Bukankah tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang?

Bukan hanya menurunkan berat badan, jogging juga bisa membentuk badan menjadi lebih ideal. Jika berat badan anda kurang, cobalah untuk rutin jogging karena dapat meningkatkan nafsu makan tanpa harus takut gendut.

Setelah mengetahui ulasan manfaat olahraga lari di atas, apakah anda tertarik untuk merutinkan jogging? Jangan lupa persiapan dulu sebelum memulai jogging. Bagian tersebut cukup penting karena mencegah cedera dan bisa meningkatkan performa tubuh selama jogging. Selamat Jogging dan dapatkan manfaat terbaiknya. Semoga Bermanfaat, jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Olahraga Lari Untuk Tubuh"

Tinggalkan pesan "Manfaat Olahraga Lari Untuk Tubuh"