Kecantikan, Kesehatan
Jun1

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

0 komentar

Dari berbagai buah yang telah diciptakan oleh Tuhan, semuanya mengandung manfaat besar baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manusia bisa mengolahnya kembali menjadi bahan yang bernilai tinggi dan menyehatkan tubuh. Selain digunakan untuk kesehatan, buah juga banyak mengandung manfaat untuk kecantikan. Salah satu buah yang akan dibahas adalah bengkoang. Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan ini sudah diketahui oleh banyak orang. Supaya lebih jelas, anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Bengkoang merupakan buah dengan kandungan air yang cukup banyak. Rasa yang dimilikinya memiliki ciri khas, yakni manis menyegarkan. Buah ini termasuk umbi-umbian karena tumbuh dalam tanah. Uniknya, berbeda dengan umbi lain dalam segi rasa, bengkoang lebih segar dibandingkan singkong, ubi jalar dan lainnya.

Perlu diketahui, bengkoang berasal dari Amerika Tropis dan termasuk tanaman tahunan yang tingginya lebih dari 1 meter. Selain itu memiliki rambut halus yang membelit dan mengarah ke bagian bawah tanah. Buah dengan rasa menyegarkan ini memiliki kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, karbohidrat, serat, asam folat dan vitamin B. Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi sekarang sudah dijadikan bahan utama perawatan kecantikan baik untuk pria maupun wanita. Bisa diolah sendiri atau membeli dalam bentuk produk instan.

Sebelum membahas manfaat buah bengkoang, tidak ada salahnya anda mengetahui secara singkat kandungan buah bengkoang.

Vitamin C, tersedia sekitar 20,2 mg dalam 1 buah bengkoang ukuran sedang. Dengan kata lain, 34%  rekomendasi harian vitamin C per 100 gram yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin B Kompleks, seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat dan thiamin.

Kalori, meskipun kandungan kalorinya sangat rendah, hanya memiliki 35 kalori per 100 gram. Namun, kandungan phyto-nutrisinya berkualitas tinggi yang terdiri dari serat makanan, anti oksidan serta sejumlah mineral.

Sumber serat terbaik, khususnya sumber yang sangat tinggi dari inulin oligofructose atau serat makanan larut. Bengkoang memiliki 4,9 mg atau 13% serat. Sebagai tambahan, Inulin adalah karbohidrat lembam manis namun non kalori.

Asam folat, bengkoang memiliki kandungan 16% dari kebutuhan asam folat harian. Ibu hamil bisa mengkonsumsi buah bengkoang untuk meningkatkan produksi air ASI-nya, tentu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan.

Umumnya buah bengkoang tersedia di Pasaran setiap waktu dan harganya pun murah. Pilih bengkoang yang berwarna tegas, bulat dan berukuran sedang. Jika menemukan keriput pada permukaannya atau kulit yang memar, sebaiknya dihindari saja. Setelah di rumah, buah bengkoang bisa disimpan seperti kentang karena memiliki umur yang sangat baik asalkan disimpan di tempat sejuk dan kering selama 4 minggu. Jika disimpan di kulkas akan mengubah warna dan tekstur dari bengkoangnya.

Nah, setelah mengetahui kandungan buah bengkoang di atas, sekarang saatnya menyimak beberapa manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengobati sariawan

Bukan hanya jeruk yang bisa mengobati sariawan, bengkoang dengan kandungan vitamin C pun bisa mengobatinya. Untuk mengobati sariawan, anda bisa membuat jus bengkoang kemudian dikumur-kumur dan buang. Bisa juga meminumnya perlahan agar jus tersebut mengenai bagian yang sariawan.

2. Mengurangi penyakit maag

Buah bengkoang diklaim mengandung senyawa alkali yang bisa menurunkan produksi gas dan asam lambung. Seperti yang kita ketahui, maag disebabkan oleh tingginya asam lambung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan fitonutrien yang ada dalam buah bengkoang  bisa memberikan nutrisi pada tubuh sehingga meningkatkan sistem imun tubuh. Tubuh anda akan terhindar dari virus atau bakteri. Sebaiknya mengkonsumsi buang bengkoang dalam rentang waktu 2x seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah secara rutin.

4. Mengatasi diabetes mellitus

Penderita diabetes dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbo tinggi. Kehadiran buah bengkoang bisa menjadi alternative bagi para penderita diabetes dalam mengkonsumsi buah. Manfaat buah bengkoang bisa menurunkan kadar gula darah, hal ini dikarenakan buah bengkoang bisa dicerna tanpa memasukkan glukosa.

5. Mengobati batu ginjal

Memang, manfaat buah bengkoang ini banyak sekali, penderita batu ginjal disarankan untuk mengkonsumsinya. Mengandung senyawa fosfor yang baik untuk merawat organ terutama ginjal dan empedu. Ketika anda terkena sakit batu ginjal atau empedu, sebaiknya konsumsi buah bengkoang secara rutin dan dapatkan hasil optimalnya.

6. Mencegah asma

Jika saudara, orang tua, teman atau siapapun menderita asma, buah bengkoang lah solusinya. Kandungan magnesiumnya sebesar 3% dapat meringankan atau mencegah asma. Pasien asma kronis bisa dinormalkan nafasnya dengan bantuan suplemen herbal bengkoang. Magnesium itu membantu merelaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernafasan.

7. Menjaga pigmen tubuh

Buah bengkoang juga mengandung tembaga yang ternyata penting untuk tubuh. Tembaga menutrisi tubuh agar tidak cepat beruban, rambut rontok dan menjaga pigmentasi kulit anda menjadi lebih awet muda. Buah bengkoang juga mencerahkan kulit karena faktor vitamin E dan C.

Senyawa tembaga juga membantu mensuplai darah yang sehat ke jantung. Senyawa tembaga bekerja sama dengan zat besi dalam proses sintesis hemoglobin. Jadi, jika anda ingin memiliki jantung yang sehat, bisa mengkonsumsi buah bengkoang dengan rutin.

Selain beberapa manfaat buah bengkoang untuk kesehatan di atas, buah bengkoang juga sering digunakan oleh beberapa produk kosmetik sebagai bahan baku utamanya. Memang benar, buah bengkoang bermanfaat untuk kecantikan. Simak manfaat buah bengkoang untuk kecantikan di bawah ini!

1. Membuat kulit lebih sehat

Di atas telah dijelaskan bahkan beberapa dikatakan bahwa buah bengkoang mengandung vitamin C dan vitamin B. Kedua vitamin ini sangat bermanfaat bagi kulit, sehingga kulit jauh lebih sehat dan halus terawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa memarut buah bengkoang kemudian menjadikannya sebagai masker wajah atau kulit. Diamkan selama 30 menit, setelah itu dibilas dengan air bersih.

Buah bengkoang juga bisa mendinginkan kulit yang tersengat sinar matahari. Saat kulit anda terasa panas akibat sengatan matahari dan menimbulkan kemerahan, anda bisa menggunakan buah berwarna putih ini. Caranya dengan mengiris dan menempelkannya pada kulit yang memerah. Kandungan alkali itulah terasa dingin apalagi jika ditaruh pada lemari es.

2. Mencegah timbulnya jerawat

Makhluk yang satu ini menjadi musuh bagi sebagian orang, baik laki-laki maupun wanita. Ya, jerawat mengganggu penampilan sehingga anda merasa kurang percaya diri. Selain mengandung vitamin C, buah bengkoang juga mengandung Niacin yang bisa membersihkan jerawat karena sifatnya antibakteri. Jadikan bengkoang sebagai masker, perawatan dengan menggunakan bengkoang langsung jauh lebih bagus dibandingkan produk kosmetik yang sudah dikemas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mencegah penuaan dini

Dengan budget yang murah, anda bisa mencegah penuaan dini menggunakan manfaat buah bengkoang. Biasanya penuaan dini terjadi dengan tanda kerutan pada bagian bawah mata atau dekat bibir. Gunakan masker buah bengkoang sebagai anti aging anda.

Itulah penjelasan mengenai Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Ternyata untuk sehat dan tampil cantik itu kita bisa memanfaatkan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau dan aman digunakan karena berbahan dasar alami. Tertarik untuk mencobanya? Semoga Bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Tinggalkan pesan "Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"