Kesehatan
Jun8

Waspadai Penyakit Kanker Payudara !

0 komentar

Sebelumnya, bagi pembaca yang berbahagia, jangan tabu membicarakan payudara, karena artikel ini memandangnya dari segi kesehatan. Payudara merupakan organ tubuh pada manusia atau spesies mamalia, letaknya pada bagian atas dada. Payudara pada wanita atau mamalia betina memiliki kelenjar susu yang berfungsi memompa susu bagi bayinya. Nutrisi yang diberikan dalam bentuk air susu pada bayi disalurkan melalui kelenjar susu. Pria juga juga memiliki payudara dan kelenjar susu, namun tetap tidak berkembang sempurna. Pada manusia, selain fungsi di atas juga payudara memiliki peranan penting dalam kegiatan seksualnya. Tak ayal payudara  mampu menarik perhatian pria ketika memandang seorang wanita.

Semua wanita tentunya sangat menjaga setiap bagian tubuhnya, termasuk payudara. Mereka menganggap bahwa payudara yang indah akan memberikan rasa percaya diri ketika berpenampilan. Yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan payudara dan mencegah dari terjadinya kanker payudara.

Kanker payudara atau dalam istilah latinnya disebut dengan Carcinoma mammae merupakan sel kanker yang menyerang jaringan payudara. Dikategorikan juga sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Wanita masih menjadi korban paling banyak dengan gejala yang jarang disadari. Pria pun memang tidak menutup kemungkinan bisa terserang kanker payudara, tapi sangat kecil kemungkinannya.

Gejala Kanker Payudara

Mengetahui gejala kanker payudara akan membuat kita mudah mendeteksi sejak dini. Stadium ini biasanya penderita tidak merasakan nyeri pada bagian payudara. Namun anda bisa mengenali gejala kanker payudara, diantaranya:

  • Saat menekan payudara, kemudian keluar cairan putih seperti susu namun tidak berbau, kemungkinan hal tersebut gejala kanker payudara.
  • Timbul benjolan kecil pada payudara dengan diameter tidak lebih dari 2 cm. benjolan ini justru tidak menimbulkan rasa nyeri pada penderita.
  • Pori-pori kulit payudara berubah menjadi kasar dan kulitnya mengerut.

Untuk mendeteksi gejala kanker payudara di atas, anda bisa mendeteksinya sejak dini dengan melakukan beberapa cara seperti mengenali bentuk payudara. Bercerminlah kemudian letakkan tangan di atas kepala atau di pinggang, bandingkan bentuk payudara saat kedua posisi tangan tersebut. Selanjutnya, angkat tangan kiri dan letakkan di atas kepala. Rabalah semua bagian payudara dengan menggunakan permukaan jari sambil sedikit ditekan. Lakukan pola memutar dan naik turun saat menekan atau merabanya. Begitu juga dengan payudara bagian kanan, rasakan barangkali terjadi perbedaan.

Pengecekan di atas bisa anda lakukan seminggu setelah masa menstruasi. Periode waktu ini biasanya hormone estrogen dan progesterone berada pada kadar yang rendah. Itu artinya pengecekan sejak dini lebih mudah dilakukan. Pengecekan payudara secara rutin setiap bulannya dapat mendeteksi lebih dini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika anda telah mengetahui gejala kanker payudara dan cara pendeteksiannya, anda juga perlu mengetahui penyebab kanker payudara. Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kanker payudara disebabkan kurangnya kewaspadaan dan kurangnya pengetahuan kesehatan. Jadi, apa yang menjadi penyebab kanker payudara itu?

1. Obesitas (berat badan berlebih)

Kondisi yang tidak ideal ini akan membuat seseorang menjadi susah beraktivitas karena badan terasa berat. Lemak jahat atau bahkan kolesterol akan memancing banyak penyakit. Selain itu, penderita obesitas lebih rentan terhadap penyakit, termasuk penyakit kanker payudara.

Lemak yang berlebih pada tubuh bisa menimbulkan masalah dan penyebab terjadinya kanker payudara. Bisa saja menumpuk pada bagian kelenjar payudara. Seorang ahli kanker payudara bernama Willet menyatakan bahwa kandungan lemak berkaitan erat dengan resiko kanker payudara pada wanita yang berumur 34 tahun hingga 59 tahun.

2. Faktor Genetika (Riwayat Keluarga)

Genetic masih menjadi faktor yang cukup besar mempengaruhi atau menyebabkan terjadinya kanker payudara. Seorang wanita yang memiliki riwayat kanker pada keluarganya beresiko lebih tinggi dibandingkan dengan wanita lain. Namun banyak juga yang terkena penyakit kanker payudara tanpa memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit tersebut. Intinya, harapan tinggi untuk terhindar dari kanker payudara masih bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

3. Faktor usia

Kasus kanker payudara ini menyerang pada jenjang usia tertentu. Wanita yang mengalami menstruasi pertama sekitar usia 12 tahun memiliki resiko terkena kanker payudara. Meskipun kemungkinannya cukup kecil jika dibandingkan dengan wanita berusia di atas 51 tahun yang telah mengalami menopause.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa penyakit kanker payudara memiliki keterkaitan dengan gen tertentu. Usia sesorang wanita di atas 50 tahun yang memiliki BRCA 1 atau salah satu gen penurun kanker payudara, maka kemungkinan terkena kankernya sebesar 60%. Pada usia 70 tahun memiliki kemungkinan terkena kanker payudara sebesar 85%. Kesimpulannya, 60% wanita terkena kanker payudara pada usia 60 tahun.

4. Faktor Reproduksi

Resiko penyakit kanker payudara semakin tinggi karena faktor reproduksi. Seperti contohnya yaitu nuliparitas, menarche pada usia muda, kehamilan pertama pada usia tua dan menopause pada usia lebih tua. Rentang waktu yang terjadi antara haid pertama dengan usia kehamilan pertama adalah window of iniation perkembangan sel kanker payudara. Payudara akan mengalami perubahan dan rentan sekali terkena kanker payudara.

Sebaiknya perencanaan yang matang saat menikah harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Kanker payudara rentan menyerang wanita dewasa yang belum pernah hamil. Hamil pertama kali pada usia di atas 30 tahun atau melahirkan di atas usia 35 tahun.

5. Konsumsi makanan yang tidak sehat

Makanan serba instan dan junk food semakin merajalela saat ini, minuman kemasan berbahan pengawet pun semakin beragam. Makanan berwarna cerah umumnya bisa menggugah selera dan diminati oleh semua kalangan, tidak terkecuali wanita. Makanan yang mengandung pewarna tekstil jauh lebih beresiko menimbulkan kanker payudara atau jenis kanker lain.

Bagaimana? Anda sudah mengerti dengan berbagai penyebab kanker payudara? Jangan sia-siakan waktu anda dengan tidak menjaga kesehatan. Pola hidup sehat akan menjamin anda terbebas dari kanker payudara atau jenis kanker yang lainnya.

Ketahui juga upaya pencegahan penyakit kanker payudara di bawah ini:

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal. Resiko terkena penyakit kanker payudara bagi wanita yang memiliki berat badan lebih sebesar 30-60%. Sedangkan untuk wanita yang mengalami peningkatan berat badan sebelum masa menopause 20-40% beresiko terkena kanker payudara.
  2. Luangkan waktu untuk olahraga. Olahraga merupakan solusi untuk berbagai pencegahan penyakit, termasuk mencegah kanker payudara. Wanita aktif secara fisik (rajin berolahraga secara rutin) dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Idealnya olahraga yang bisa dikerjakan seseorang adalah selama 2,5 jam/minggu. Angkat tersebut merupakan total keseluruhan intensitas waktunya,
  3. Menyusui bayi secara teratur. Dengan menyusui, resiko kanker payudara bisa berkurang sebesar 4,3 %. Ini merupakan kabar bagus untuk ibu menyusui.
  4. Menerapkan polah hidup sehat. Hindari kebiasaan merokok, dunia malam dan minum minuman beralkohol. Wanita perokok beresiko terkena kanker payudara sebesar 13% lebih tinggi. Jika seorang wanita telah merokok sejak usia yang relative muda, maka resikonya menjadi 36%. Konsumsi minuman alcohol 1 gelas tiap hari bisa meningkatkan resiko kanker hingga sebesar 10-12% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Hal ini terjadi karena adanya hubungan antara tingkat alcohol yang dikonsumsi dengan perubahan jumlah hormone dalam darah.

Kesimpulannya, deteksi kanker payudara sejak dini agar bisa diketahui lebih awal. Kenali bentuk payudara anda sendiri dan amati setiap perubahannya. Kemudian, utamakan pola hidup sehat mulai dari istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi dan olahraga yang rutin. Kanker payudara ini telah menjadi penyakit yang mematikan, oleh karena itu sebaiknya kita lebih waspada untuk mencegahnya. Semoga Bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar Anda Pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Waspadai Penyakit Kanker Payudara !"

Tinggalkan pesan "Waspadai Penyakit Kanker Payudara !"