Kecantikan, Kesehatan
Jul10

Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh

0 komentar

Tubuh yang sehat tidak bisa diperoleh dengan cara yang instan, tidak dengan abracadabra, perlu ada upaya yang kita lakukan secara rutin. Kesehatan menjadi mahal harganya terlebih saat kita sudah jatuh sakit. Obat-obatan untuk memulihkan kesehatan tidak ditawarkan dengan harga yang murah, apalagi jika terkena penyakit yang berbahaya. Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu cara agar kita mendapatkan kualitas kesehatan yang baik untuk tubuh. Bukankah dengan tubuh yang sehat aktivitas menjadi lebih dinamis? Benar, untuk bergerak aktif dan dinamis, membutuhkan dukungan tubuh yang sehat.

Kemudian, bagaiamana mencipatakan tubuh yang sehat itu? Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah, menghindari merokok dan minum minuman keras, serta masih banyak cara lainnya. Namun yang akan dibahas pada artikel ini adalah manfaat sayuran untuk kesehatan.

Tubuh manusia membutuhkan air dalam jumlah yang banyak. Selain itu membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup untuk meregenerasi sel-sel tubuh agar tubuh menjadi lebih fresh dan fit. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran dalam setiap menu makan harian. Manfaatnya sangat besar, bahkan beberapa kandungan sayur bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam sayur bisa mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Jika anda pernah dimarahi ibu karena tidak mau makan sayur, berbahagialah karena ibu tahu makanan yang sehat untuk anaknya.

Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan ini telah dibenarkan oleh dokter dan ahli kesehatan di seluruh dunia karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, serat yang tinggi bisa melancarkan pencernaan serta bisa menurunkan kadar kolesterol. Beberapa manfaat sayuran untuk kesehatan akan dibahas pada bahasan di bawah ini.

Menurunkan tekanan darah, kandungan sayur mampu menurunkan tekanan darah anda. Meskipun memiliki riwayat keluarga yang terkena tekanan darah tinggi, anda tak perlu khawatir karena sayuran bisa menjadi solusinya. Konsumsilah sayuran secara rutin, waktunya bisa diatur kembali. Konsumsi sayuran setiap hari akan mendapatkan hasil yang maksimal, kentang, wortel, buah bit, bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Kandungan potasium pada sayuran tersebut cukup tinggi sehingga bisa menurukan tekanan darah.

Gigi dan tulang lebih sehat, manfaat ini sangat cocok dianjurkan untuk balita yang sedang mengalami pertumbuhan. Kandungan vitamin dan mineralnya mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang terdapat pada sayuran bayam. Bahkan saking bagusnya kandungan bayam, tokoh kartun Popeye pun menggunakan bayam sebagai senjatanya. Dengan mengkonsumsi bayam, si Popeye menjadi tokoh yang kuat.

Menurunkan kadar kolesterol, anda mungkin khawatir dengan isu kolesterol yang berkembang di masyarakat, dimana beberapa penyakit disebabkan kadar kolesterol yang tinggi. Resiko terjadinya serangan jantung bisa disebabkan kolesterol yang tinggi. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Konsumsilah sayur mayur atau sayur labu secara rutin, kadar kolesterol pun akan turun.

Selanjutnya, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jika anda sering sakit atau mudah terkena penyakit, seperti flu, demam atau beberapa penyakit yang ringan, mungkin kekebalan tubuhnya buruk. Oleh karena itu rajinlah mengkonsumsi sayuran agar kekebalan tubuh meningkat. Kandungan vitamin dalam sayuran cukup tinggi sehingga tubuh pun tetap sehat. Biasanya, musim pancaroba seperti sekarang rentan sekali penyebaran virus penyakit, anda harus mempersiapkannya dengan memperkuat kekebalan tubuh. Bukankah tubuh yang sehat merupakan dambaan setiap orang?

Selain mengetahui manfaat sayuran di atas, anda juga perlu mengetahui kandungan nutrisi beberapa sayuran agar menjadi motivasi dan alasan mengapa sayuran penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Di dalam sayuran terdapat nutrisi yang tidak bisa diperoleh dari sumber makanan lain seperti daging dan ikan. Memang tidak semua jenis sayuran memiliki nutrisi tinggi, hanya beberapa jenis sayuran yang memiliki nutrisi tinggi. Sayuran apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bayam

Siapa yang belum pernah mencoba sayuran yang satu ini? Bayam mengandung karotenoid yang berfungsi untuk mencegah berbagai jenis kanker. Selain karotenoid, bayam juga mengandung vitamin C dan A sehingga bisa membantu menutrisi mata sebagai penglihatan dan membuat kulit anda cerah bersinar. Kadar kalium yang tinggi pada bayam juga membuatnya berkhasiat bagi penderita tekanan darah tinggi. Sangat dianjurkan bagi mereka untuk mengkonsumsi sayuran ini secara rutin.

2. Kecambah

Masa anda tidak tahu kecambah? Biasanya sering ditemukan pada isian tahu goreng. Akan tetapi, mengkonsumsi kecambah lebih baik ditaburkan pada salad buah dan sayuran atau dimakan sebagai camilan. Kecambah rebus memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C pada sayuran ini bisa memenuhi ¾ kebutuhan harian vitamin C. Bahkan University of Nebraska telah mengadakan penelitiaan dan diperoleh hasil penelitiannya bahwa secangkir kecambah kacang hijau mengandung 13mg vitamin C dan kecambah kacang kedelai mengandung 10mg vitamin C.

Seringkali kita mengenal kecambah bermanfaat untuk ibu hamil, memang benar hal tersebut. Kecambah mengandung folat yang tinggi, folat ini berguna untuk mencegah cacat bawaan pada janin. Folat juga berguna dalam membantu tubuh membuat DNA, asam amino serta sel darah merah sehingga penting sekali dalam pencegahan penyakit anemia.

3. Brokoli

Bagi orang yang memiliki masalah jantung atau stroke, bisa mulai mengkonsumsi brokoli secara rutin. Brokoli menjadi sayuran super baik untuk kesehatan, sayuran ini merupakan sumber serat sayuran hijau yang sangat tinggi. Mengandung zat besi juga sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita anemia.

Penting diketahui, brokoli memiliki nutrisi yang tinggi, oleh karena itu memasaknya pun harus dengan cara yang benar. Memasaknya cukup direbus atau dikukus saja, sehingga kandungan nutrisinya tidak hilang. Jangan digoreng dengan minyak dan dimasak terlalu lama. Usahakan dikonsumsi ketika masih segar, tidak dianjurkan disimpan dalam kulkas untuk waktu yang lama.

4. Kubis

Sayuran ini mengandung fitonutrisi yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas itu merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan arthritis, rematik, asam urat dan penyakit kulit. kubis Juga mengandung vitamin A yang sudah dikenal banyak orang berguna untuk kesehatan mata dan kulit. Tidak hanya itu, kubis juga berguna membantu kesehatan paru-paru, perut, jantung dan janin. Kandung kalium pada kubis berperan menjaga peredaran darah agar tetap lancar dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

5. Selada

Terakhir, sayuran yang memiliki nutrisi tinggi adalah selada. Namun selada memiliki beberapa varietas, romaine lettuce dianggap sebagai selada yang paling bagus karena kandungan vitaminnya tinggi, seperti vitamin A, B, C, asam folat dan kromium.

Bagi orang yang mengalami masalah kekurangan darah yang disebabkan rendahnya zat besi, maka selada adalah solusinya. Daun selada terbukti memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga disarankan bagi penderita kurang darah untuk mengkonsumsinya secara rutin.

Setelah mengetahui manfaat sayuran untuk kesehatan dan beberapa sayuran yang bernutrisi tinggi, apakah anda masih tidak mau mengkonsumsi sayuran? Konsumsilah sayuran secara rutin. Anda bisa mengkreasikan sayuran menjadi berbagai varian lauk dan menu makan harian atau dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan. Carilah referensi untuk mengolah sayuran sehingga anda tidak bosan mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh"

Tinggalkan pesan "Pentingnya Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh"