Kecantikan, Kesehatan
Agu1

4 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

0 komentar

Banyak faktor yang bisa mendukung agar tumbuh rasa percaya diri saat berpenampilan. Selain menggunakan style pakaian yang tepat, anda juga harus memikirkan kebersihan Badan. Mengapa kebersihan badan itu penting? Ya, penilaian orang itu pasti menyeluruh, bukan hanya style pakaian yang kita gunakan. Badan yang bersih mencerminkan kepribadian yang bersih pula. Kaitannya dengan kebersihan badan, kita mungkin pernah mengalami ketidaknyamanan bau badan, hal itu jelas sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu kenyamanan, rasa percaya diri pun menjadi berkurang.

Bau badan merupakan masalah yang pernah dialami hampir oleh semua orang, baik wanita maupun pria, tua muda, bahkan remaja yang sedang dalam masa pubertas. Pada beberapa orang, bau badan bisa membuat kulit terasa gatal. Disarankan untuk mandi secara teratur yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Selain menghilangkan bau badan, mandi teratur juga menjaga kebersihan badan dari berbagai kotoran yang menempel. Keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit termasuk kotoran yang harus dibersihkan. Bakteri juga bisa dicegah dengan mandi yang teratur, sehingga anda terhindar dari penyakit kulit seperti panu, kurap, dan lainnya.

Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai 4 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami. Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada bau badan, bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi menarik untuk dicoba di Rumah. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Daun Sirih.

 

Cara pertama menghilangkan bau badan secara alami adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Minyak atsiri yang terkandung di dalamnya juga memiliki zat betlephenol, seskuiterpen, pati, kavikol, dan diastase. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk mematikan kuman, antioksidasi dan anti jamur. Daun Sirih bermanfaat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri dan cendawan.

Menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih ini bisa ada 2 cara, yakni meminum air rebusan daun sirih dan mencampurkan air rebusan daun sirih untuk mandi. Cara yang pertama cukup mudah, anda cukup merebus dan meminumnya setiap hari. Cara membuatnya adalah seperti ini:

  • 10 lembar daun sirih.
  • 30 gram kunyit.
  • Asam jawa secukupnya.
  • Gula aren atau gula merah secukupnya.

Bahan di atas kemudian diiris tipis setelah sebelumnya anda membersihkan terlebih dahulu. Masukkan dan rebus semua bahan dalam air 800cc. Jika mulai surut, sisakan air hingga 300cc. Saring ramuan tersebut agar siap diminum. Anda bisa meminumnya 1 kali sehari saja selama 1 minggu.

Cara yang kedua adalah menggunakan daun sirih untuk campuran air mandi. Cara ini bisa anda pilih jika tidak mau meminum ramuan seperti di atas. Cara membuatnya seperti ini:

  • Siapkan 30 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan air secukupnya.
  • Panaskan hingga air benar-benar mendidih.
  • Jika sudah mendidih, angkat rebusan tersebut untuk selanjutnya dicampurkan dengan air biasa.

Gunakan air campuran itu untuk mandi agar bisa menghilangkan bau badan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Jika anda memiliki pohon jeruk nipis, daripada hanya digunakan untuk mencuci piring atau bahkan terbuang percuma, sebaiknya manfaatkan jeruk nipis tersebut. Manfaat jeruk nipis bisa menghilangkan bau badan. Bagaimana cara penggunaannya?

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis yang berukuran agak besar.
  • Potong menjadi 2 bagian dan peras hingga semua airnya keluar.
  • Kemudian, campur air jeruk nipis dengan daun sirih dan kapur.
  • Oleskan pada ketiak dan bagian badan lain yang dianggap sebagai sumber bau badan.

Tapi biasanya ketiak ini menjadi sumber bau badan yang paling besar, meskipun keringat yang keluar dari bagian lain juga mempengaruhi bau badan. Pernahkah bertanya mengapa bau badan berasal dari ketiak? Sebagai pengetahuan, kelenjar keringat manusia ada dua jenis, yaitu ekrin dan apokrin. Ekrin yaitu kelenjar yang terbuka pada permukaan kulit. Sedangkan apokrin yaitu kelenjar yang ditemukan pada bagian kulit yang ditumbuhi rambut. Dan, ketiak kita memang ditumbuhi rambut, itulah alasan yang menyebabkan bau badan berasal dari ketiak.

3. Menggunakan cengkih

Recipes

Saat pelajaran sejarah semasa Sekolah Dasar, mungkin kita sering mendengar kata cengkih. Cengkih merupakan komoditas rempah-rempah yang diminati oleh para penjajah dan itulah alasan Belanda menjajah Indonesia karena kaya akan rempah-rempahnya. Ternyata, pengetahuan telah berkembang pesat, cengkih tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masakan. Aroma khasnya bermanfaat juga untuk menghilangkan bau badan. Cara membuatnya juga mudah, yaitu:

  • Ambil beberapa kuntum cengkih, rendam dengan air secukupnya agar bunga cengkih mengembang.
  • Kemudian minumlah air cengkih tersebut. Rasakan manfaatnya, bau badan anda hilang dengan sendirinya.

Bisa juga menggunakan cengkih langsung pada badan, gosokkan cengkih pada badan terutama bunganya yang sudah mengembang. Aroma khas akan tercium dan kealamiannya pun terjaga.

4. Menggunakan Minyak Lavender

Terakhir, cara menghilangkan bau badan menggunakan Minyak Lavender. Tidak hanya bermanfaat menghilangkan bau badan tidak sedap, minyak lavender juga membantu membunuh berbagai bakteri penyebab bau. Sifatnya yang anti jamur, sangat efektif dalam mengatasi bau badan.

Caranya membuatnya adalah dengan mencampurkan minyak lavender esensial secukupnya ke dalam air hangat. Aduk hingga tercampur rata kemudian celupkan kapas ke dalamnya, oleskan pada ketiak atau beberapa bagian badan yang lain. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga bau badan anda hilang.

Kita sering menganggap bau badan merupakan hal sepele, tapi sebenarnya bau badan ini berpengaruh besar pada penampilan. Orang sibuk mengatasinya dengan membeli parfum ternama atau deodorant yang sering muncul di televisi. Sebaiknya anda juga mengetahui penyebab bau badan, seperti terjadinya perubahan hormone pada remaja yang memasuki masa pubertas. Perubahan hormone akan menimbulkan produksi minyak semakin tinggi sehingga resiko perkembangan bakteri pun lebih cepat. Akhirnya, kelenjar keringat mengeluarkan bau tidak sedap, itulah masalah yang menghinggapi beberapa remaja.

Selain perubahan hormone, hal yang sering dilupakan dan menyebabkan bau badan adalah makanan yang kita konsumsi. Seperti makanan yang mengandung bawang putih berlebih, ini berpengaruh pada bau badan. Adanya kandungan zat pada bawang putih yang tidak larut dalam tubuh, membuat kandungan tersebut ikut keluar bersama keringat. Kandungan yang bau itu bercampur dengan keringat dan bakteri, alhasil timbullah bau keringat yang tidak sedap.

Kesimpulannya, jika anda rutin merawat kebersihan badan, maka tidak akan menemukan permasalahan bau badan yang mengganggu. Gunakan beberapa cara di atas ketika bau badan mulai menyerang, jangan biarkan bau badan agar orang di sekeliling kita tetap nyaman. Pastikan juga pakaian yang dikenakan itu bersih dan memakai wangi-wangian yang menyegarkan. Semoga bermanfaat, Jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "4 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami"

Tinggalkan pesan "4 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami"