Kesehatan
Sep2

Cara Alami Menyembuhkan Flu dan Batuk

0 komentar

Saat kekebalan tubuh menurun, anda bisa saja terkena berbagai penyakit yang cukup mengganggu kesehatan. Meskipun bukan tergolong penyakit yang berat, namun penyakit ringan akibat kekebalan tubuh yang menurun bisa merepotkan juga. Musim atau cuaca yang tidak menentu selalu mempengaruhi timbulnya penyakit, apalagi di Indonesia memiliki 2 musim yang selalu berubah-ubah. Terkadang datang musim kemarau beberapa hari kemudian hujan, atau sebaliknya. Saat terjadinya perubahan itulah kita lebih mudah terserang penyakit. Menjaga kesehatan menjadi kunci untuk menghadang berbagai penyakit tersebut, seperti pola makan yang teratur, istirahat yang cukup dan olahraga yang rutin.

Pada paragraf di atas, disebutkan penyakit yang ringan, tahukah anda penyakit ringan? Sebenarnya bukan menyepelekan sebuah penyakit, akan tetapi penyakit ringan ini mudah diobati dengan harga yang terjangkau dan cukup murah. Bahkan bisa diobati oleh bahan-bahan alami yang diramu sendiri. Salah satu penyakit ringan itu adalah flu dan batuk.

Flu dan batuk ini menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh orang-orang, bahkan beberapa orang menyebutnya dengan penyakit rakyat. Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada alat pernafasan manusia, seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Virus yang menyebabkan flu ini adalah virus Orthomyxoviridae yang merupakan virus influenza. Penyakit flu dan batuk mudah sekali menular dari satu penderita ke penderita yang lain. Flu ditularkan oleh virus yang menyebar melalui udara, kontak langsung, berbagi makanan/minuman dan saat penderita mengalami bersin.

Sayangnya, masih banyak diantara kita yang belum mengetahui cara alami menyembuhkan flu dan batuk. Apa alasan menggunakan cara alami? Cara alami ini justru lebih aman dan murah, semua kalangan bisa menjangkau harga bahan alami yang akan dijadikan obat. Bahkan mungkin anda bisa memperolehnya dengan gratis, barangkali orang tua atau saudara memiliki bahan ramuannya. Sebelum membahas mengenai cara alami menyembuhkan flu dan batuk, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu gejala flu dan batuk ini.

Demam menjadi gejala yang sering terjadi pada orang akan terserang flu. Demam juga merupakan cara tubuh dalam membunuh virus yang menyerang dengan cara menciptakan lingkungan yang lebih panas dari keadaan normal agar virus segera pergi. Tubuh yang panas akan membuat protein dan sel daya tahan tubuh pembunuh kuman begerak lebih cepat dan efektif dalam darah. Jika anda mengalami demam, mungkin akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.

Hidung tersumbat, pernahkah anda mengalami hidung tersumbat saat terserang flu? hal ini disebabkan aliran darah pada daerah hidung meningkat dan pengeluaran lendir (sekresi) pun meningkat, sehingga hidung terasa tersumbat. Peningkatan Aliran darah dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman atau virus keluar dari tubuh. Ingus adalah hasil dari sekresi yang membawa kuman, rajinlah membuang ingus agar cepat sembuh.

Batuk, flu dan batuk ini sering disandingkan bersama, keduanya berkaitan saat flu mulai menyerang. Anda akan merasakan tenggorokan yang kering atau terasa gatal yang kemudian diikuti dengan batuk. Gejala batuk sebenarnya akan membersihkan saluran pernafasan dari lendir tebal yang bisa membawa kuman ke paru-paru dan bagian tubuh yang lain.

Setelah mengetahui gejala yang sering terjadi pada orang yang terserang flu dan batuk, kini saatnya anda mengetahui cara alami menyembuhkan flu dan batuk. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap cara alami menyembuhkan flu dan batuk di bawah ini.

1. Cara alami menggunakan jahe

Jahe bisa dimanfaatkan sebagai bahan herbal yang bisa menyembuhkan flu dan batuk. Bahan ini mengandung senyawa anti virus yang berguna membantu mengusir virus penyebab flu dan batuk. Beberapa ahli herbal telah menggunakan jahe biasa dan jahe merah sebagai obat tradisional atau obat herbal yang bisa meredakan sakit flu dan batuk.

Penelitian telat membuktikan, jahe mengandung gingerol, terpenoid zingiberol, minyak atsiri, dan shogaol yang merupakan senyawa yang banyak digunakan sebagai bahan alami obat batuk. Anda tidak perlu khawatir karena cara membuatnya sangat mudah, ambil jahe beberapa ruas atau secukupnya. Kemudian cuci hingga bersih, tunggu beberapa menit dan akhirnya tumbuk jahe tersebut. Setelah ditumbuk, masukkan jahe tersebut ke dalam segelas air hangat dan tambahkan madu secukupnya. Aduk secara merata dan minum ramuan alami ini sebanyak 2 kali sehari. Flu dan batuk pun akan segera sembuh dalam waktu dekat.

2. Cara alami menggunakan peppermint

Selanjutnya, bahan alami herbal yang sering digunakan untuk menyembuhkan flu dan filek adalah peppermint. Kandungan senyawanya bernama menthol. Manfaatnya adalah bisa mengencerkan dahak dan lendir pada saluran pernafasan. Bisa juga mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Untuk menjadikan peppermint sebagai obat alami, anda bisa membuat teh peppermint sebanyak 1 gelas, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin 2 kali sehari sampai bisa menyembuhkan flu dan batuk.

3. Cara alami menggunakan madu dan lada

Khasiat madu untuk kesehatan itu sangat besar, madu memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi iritasi pada saluran pernafasan. Untuk membuatnya, cukup mudah dan bisa dipraktekkan di Rumah masing-masing. Gunakan campuran madu dan lada sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan flu dan batuk.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok lada bubuk dengan 1 sendok madu pada 1 gelas air yang telah direbus hingga mendidih. Kemudian aduk secara merata, tunggu hingga air menjadi hangat dan bisa diminum. Minum ramuan tradisional ini sebanyak 1-2 kali sehari sehingga pernafasan pun menjadi lega. Sebagai catatan, anak-anak tidak dianjurkan untuk meminum ramuan ini.

4. Cara alami menggunakan terapi air putih

Terapi air putih ini maksudnya adalah dengan memperbanyak konsumsinya selama anda terserang flu dan batuk. Air putih memang memiliki manfaat besar dalam mendukung asupan air sehari-hari. Para dokter telah menyarankan orang-orang untuk meminum air putih yang cukup karena anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa rahasia umur panjang salah satunya adalah mengkonsumsi air putih yang cukup.

Kaitannya dengan menyembuhkan flu dan batuk, air putih bisa menggantikan cairan tubuh, air putih juga berfungsi membersihkan tubuh dari virus dan kuman yang menyebabkan flu dan batuk. Selain itu, dahak membandel yang menempel pada tenggorokan bisa dibersihkan dengan baik sehingga terhindar dari batuk. Agar proses menyembuhkan flu dan batuk lebih cepat, minumlah air hangat dan sangat tidak disarankan minum air yang dingin.

Selain cara-cara di atas, sebaiknya anda melakukan beberapa kebiasaan baik saat terserang flu dan batuk agar lebih cepat sembuh. Misalnya istirahat total agar daya tahan tubuh kembali normal bahkan meningkat. Kemudian mandi menggunakan air hangat, sangat bermanfaat untuk membuat tubuh terhindar dari virus. Kombinasikan obat alami tersebut di atas dengan beberapa kebiasaan baik tersebut, anda pun dijamin lebih mudah terbebas dari penyakit flu dan batuk, mudah bukan mempraktekkan cara alami menyembuhkan flu dan batuk? Semoga Bermanfaat. Tag:

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Alami Menyembuhkan Flu dan Batuk"

Tinggalkan pesan "Cara Alami Menyembuhkan Flu dan Batuk"