Kecantikan, Kesehatan
Sep5

Manfaat Kunyit Sebagai Obat

4 comments

Indonesia sebagai Negara yang subur mampu menghasilkan berbagai hasil pertanian. Bahkan jenis tumbuhan yang dimiliki Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan negara lain. Salah satu hasil pertanian yang sering kita temui adalah kunyit. Kunyit di Indonesia sering digunakan untuk bumbu masak atau bisa juga digunakan sebagai jamu. Kunyit dipercaya sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Kunyit atau disebut juga dengan kunir termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian menyebar ke Indonesia, Malaysia, Australia bahkan Afrika. Sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau kecantikan, hampir semua orang pernah mencobanya. Dikelompokkan ke dalam jahe-jaehan Zingirberaceae, tanaman satu ini dikenal dengan beberapa nama daerah, seperti koneng (Sunda), Kunir (Jawa), konyet (Madura), dan janar (Banjar).

Menurut penelitian, kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat seperti kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin. Kemudian ada juga zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, borneol dan sineil. Oleh karena itu tidak heran jika banyak digunakan untuk jamu dan obat herbal karena sarat akan kandungan bermanfaat. Kunyit juga mengandung lemak 3%, karbohidrat 3%, protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 55%, zat besi, fosfor dan kalsium.

Warna kuning alami pada kunyit memiliki kegunaa untuk kesehatan, salah satunya telah disebutkan di atas yaknik kurkumin. Zat tersebut memiliki sifat penyembuhan, kunyit sejak dulu dimanfaatkan oleh bangsa Cina dan India untuk mengobati masalah dalam sistem pencernaan. Seperti mulas, diare, perut kembung, masuk angin, kurang nafsu makan, dan lainnya. Kunyit juga dipercaya bisa membantu menurunkan resiko kanker, penyakit jantung dan depresi. Selain itu, kunyit juga bersifat anti bakteri sehingga bisa mengobati luka pada kulit.

Tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, kunyit juga bermanfaat untuk bayi. Penggunaannya sendiri bisa dengan cara dikonsumsi langsung atau dipakai sebagai obat luar. Senyawa kurkumin memang dipercaya bisa menyembuhkan filek, osteoarthritis, infeksi virus, danĀ  bisa meningkat gerakan usus jadi lebih baik.

Ditambah juga sifat antioksidan dari kunyit yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas. Ternyata kurkumin juga bisa memicu enzim dalam tubuh untuk menciptkakan antioksidan sendiri, dan ini merupakan hal yang bagus. Maka tubuh anda akan mendapatkan manfaatnya dua kali lipat. Antioksidan pada kunyit membantu kekebalan tubuh bayi dan anak anda. Dan jika kekebalan tubuhnya bagus, maka bayi dan anak pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Manfaat kunyit bisa dipakai sebagai obat luar yang bisa mengobati kerusakan atau luka pada kulit sehingga kulit lebih sehat. Manfaatnya bagi kulit adalah membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Kemudian membantu meratakan warna kulit, caranya mencampur kunyit yang sudah ditumbuk dengan air lemon dan mengoleskannya ke kulit.

Sedangkan, jika ingin menjadikan kulit menjadi lebih bersinar, kunyit pun bisa menjadi solusinya. Aroma kunyit membuat kulit semaki harum khas perawatan kulit tradisional. Campurkan bubuk kunyit dengan air perasan jeruk nipis yang sudah anda siapkan serta beberapa tetes dari minyak zaitun. Kemudian anda bisa menjadikan campuran tersebut sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air biasa, anda bisa melakukannya setiap hari.

Selain membuat kulit menjadi lebih bersinar, kunyit juga bisa mencegah penuaan dini. Cara alami ini lebih murah dan mudah dibandingkan membeli kosmetik berharga mahal. Cara penggunaannya adalah mencampurkan bubuk kunyit dengan susu cair. Dilanjutkan dengan cara memijat lembut menggunakan ramuan tersebut pada area mata sehingga lingkaran penuaan pun memudar. Kulit di sekitaran mata semakin kencang dan garis-garis lembutnya akan menghilang.

Sedangkan jika ingin mendapatkan manfaat kunyit sebagai obat, anda bisa memperhatikan beberapa cara membuat ramuannya di bawah ini. Simaklah manfaat kunyit sebagai obat.

Mengobati Diare

Saat anda terkena penyakit diare, bisa menggunakan kunyit sebagai solusinya. Rimpang kunyit yang telah diiris kemudian dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih. Kemudian rebus dan aduk campuran tersebut hingga merata. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat hingga dingin. Saring ampasnya dan minum 3 kali sehari sampai sembuh.

Mengobati Demam

Siapkan rimpang kunyit sebanyak 20 gram dan air matang 100 ml. bersihkan rimpang kunyit untuk kemudian diparut. Campurkan hasil parutan dengan air 100 ml. kemudian peras dan saring ampasnya. Air hasil perasan kunyit bisa diminum sebanyak 2 kali dalam sehari. Cara ini bisa anda lakukan saat anak terkena demam. Namun jika demam terus berlanjut, sebaiknya menghubungi dokter.

Mengobati Cacar Air dan Gatal

Biasanya yang terkena cacar air adalah anak kecil, karena kulitnya yang sensitive dan mudah terserang penyakit. Tak perlu khawatir, anda bisa mengobatinya dengan obat alami dan murah. Haluskan kunyit dengan cara diblender atau ditumbuk, kunyit yang digunakan cukup 1-2 potong. Campurkan segenggam daun asam yang telah dicuci. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena cacar air dan terasa gatal.

Mengobati Keputihan

Wanita yang mengalami masalah keputihan bisa mengobati keputihan dengan menggunakan kunyit. Caranya yaitu parut kunyit tua yang sudah dikupas sebanyak 15 gram. Kemudian campurkan parutan tersebut dengan 150 ml air asam dan gula jawa. Aduk hingga merata. Peras campuran tersebut kemudian saring ampasnya. Anda bisa meminumnya setiap hari hingga keputihan pun menghilang.

Mengobati Radang Amandel

Carilah kunyit yang berukuran setengah jari kemudian parut dan campurkan dengan 2 sendok air minum. Aduk kedua campuran tersebut kemudian peras. Buang ampasnya, hasil perasan dicampur dengan 1 buah kuning telur ayam kampung dan juga sedikit air kapur sirih. Aduk ramuan tersebut hingga merata dan minum sebanyak 1 kali sehari.

Mengobati Nyeri Haid

Wanita yang memiliki kebiasaan nyeri haid, bisa menggunakan kunyit sebagai obat alaminya. Bahkan beberapa wanita mengalami nyeri yang sangat parah saat haid datang. Untuk itu, gunakan kunyit dan daun sigading 15 gram, biji pala dan kapulaga 10 gram, jinten hitam, ketumbar dan cengkeh masing-masing 5 gram. Rebus semua bahan menggunakan 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air tersisa sekitar 1 gelas saja. Kemudian anda bisa menyaring hasil rebusan tersebut dan membaginya menjadi 3 bagian untuk diminum pada pagi, siang dan sore hari.

Kunyit sebagai alternatif pengobatan yang alami ini bisa anda coba di Rumah karena pembuatannya yang mudah. Selain itu, anda bisa mendapatkan kunyit dengan mudah. Terlebih jika anda tinggal di daerah pinggiran kota yang masih banyak lahan pertanian. Biasanya masyarakat menanam kunyit untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Manfaat kunyit sebagai obat tidak berlaku untuk ibu hamil. Mereka dilarang mengkonsumsi kunyit sebagai obat karena bisa mengganggu perkembangan janin. Selain itu, kunyit juga tidak boleh digunakan oleh para penderita penyakit batu empedu. Semoga Bermanfaat. Tag:

Rating artikel ini!
Manfaat Kunyit Sebagai Obat,5 / 5 ( 1voting )

Penulis: 

author

Posting terkait "Manfaat Kunyit Sebagai Obat"

4 Respon

  1. Obat Tradisional Penurun Demam Anak | Oasis Ilmu1 tahun ago

    […] membuat ramuan kunyit sebagai obat tradisional penurun demam anak, anda bisa melakukan caranya seperti berikut ini: 10 gram umbi kunyit dicuci […]

    Balas
  2. author

    gilang1 tahun ago

    sangat bermmanfaat sekali gan info nya. mampir juga ya gan http://www.sederhanablogers.co.id

    Balas
    • author
      Penulis

      admin1 tahun ago

      senang sekali rasanya jika artikel ini bisa bermanfaat buat agan.

      Balas
  3. Cara Mudah Mengatasi Gatal Dan Iritasi Kulit | Oasis Ilmu1 tahun ago

    […] oleh semua kalangan. Untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit, anda bisa membuat ramuan dari kunyit, temulawak dan sambiloto. Ramuan ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat gatal. Cara membuatnya […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Manfaat Kunyit Sebagai Obat"