Kesehatan
Sep6

Obat Tradisional Penurun Demam Anak

0 komentar

Sakit bukanlah keinginan siapapun, bahkan setiap orang tidak ingin sakit. Kondisi tubuh yang sakit tidak akan membuat anda merasa nyaman. Penyebab sakit tidak hanya tubuh yang terkena racun. Stamina dan kekebalan tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan penyakit itu datang. Ditambah dengan virus yang berasal dari lingkungan sekitar. Beberapa jenis virus bisa menular melalui udara sebagai media penyebaran virus. Misalnya, virus influenza tidak membutuhkan kontak fisik langsung untuk menular.

Kita tidak bisa memprediksi kapan tubuh terkena penyakit. Sakit justru bisa terjadi kapan saja, terutama saat cuaca buruk seperti sekarang. Setiap orang hanya bisa berusaha menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit. Anda bisa memulainya dengan berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi dan pola makan yang teratur.

Nah, tentu cara menjaga kesehatan orang dewasa dengan anak-anak berbeda. Kali ini akan membahas mengenai Obat Tradisional Untuk Penurun Demam Anak. Mengapa memilih obat tradisional? Menggunakan obat tradisional dari ramuan berbagai tumbuhan sebenarnya merupakan warisan pengetahuan dari nenek moyang. Karena dengan obat tradisional pun, orang-orang terdahulu tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Obat tradisional memang tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi setelah anda menggunakan obat kimiawi. Proses pembuatan obat tradisional juga mudah dan cepat, karena memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar dengan peralatan sederhana. Kekayaan alam yang sangat beragam menjadi faktor pendukungnya, sehingga anda bisa memanfaatkannya sebagai ramuan obat tradisional. Selain mudah dicari, harganya pun terjangkau oleh semua kalangan. Anda hanya membutuhkan pengetahuan dan bagaimana cara meramu tumbuhan tersebut. Untuk menemukan referensi membuat obat tradisional, anda bisa menemukannya di buku atau media internet.

Sesuai dengan tema di atas, demam menjadi kondisi sakit yang sering dialami oleh setiap orang. Terutama anak-anak yang sedang membangun sistem kekebalan tubuh sering mengalami demam yang cukup hebat. Banyak orang tua yang panik saat tubuh anaknya mengalami demam. Biasanya obat yang diberikan untuk menurunkan panas tersebut berbahan kimia, seperti parasetamol, ibuprofen, asam salisilat dan lain-lain. Mungkin hanya beberapa orang tua yang memberikan pertolongan pertamanya dengan menggunakan obat tradisional.

Obat tradisional penurun demam anak ini tak kalah ampuhnya dengan obat berbahan kimia. Justru obat tradisional memiliki kelebihan yakni toksisitasnya relative rendah disbanding obat kimia. Jadi, lebih aman bahkan tidak ada efek samping selama ramuan yang dibuat dalam takaran yang benar. Demam pada anak bisa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Demam karena infeksi, suhunya bisa mencapai 38° C bahkan lebih. Penyebabnya beragam, bisa karena infeksi virus flu, cacar, campak, SARS, flu burung, dan lain-lain. Atau bisa juga karena bakteri seperti tifus, radang tenggorokan dan lain-lain.
  2. Demam noninfeksi seperti kanker, tumor atau penyakit autoimun.
  3. Demam fisiologis, seperti kekurangan cairan, suhu udara yang terlalu panas dan lain-lain.

Hanya demam yang disebabkan oleh infeksi dan noninfeksi lah yang sering membutuhkan obat penurun panas. Untuk mempercepat proses penurunan panasnya, gunakan obat tradisional berupa baluran, kompres atau yang dikonsumsi langsung. Sedangkan untuk demam fisiologis, anda tidak membutuhkan obat-obatan penurun panas karena umumnya jarang melebihi 38° C. Cukup memberikan minum yang cukup banyak dan tempatkan dalam ruangan berventilasi baik.

Di bawah ini merupakan pilihan obat tradisional penurun demam anak yang bisa dicoba di Rumah. Dosis ramuan di bawah ini untuk orang dewasa, jika diberikan kepada anak sebaiknya dikurangi atau sesuai dengan tingkatan usia.

1. Kunyit

Bahan tradisional ini memiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi (anti-peradangan). Ramuan kunyit juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat ramuan kunyit sebagai obat tradisional penurun demam anak, anda bisa melakukan caranya seperti berikut ini: 10 gram umbi kunyit dicuci bersih. Kemudian parut dan tambahkan ½ gelas air panas, aduk secara merata. Setelah dingin, barulah peras dan ambil sarinya. Tambahkan air perasan jeruk nipis sebanyak ½ buah. Selanjutnya campurkan dengan 2 sendok makan madu bunga kapuk, aduk secara merata. Terakhir, ramuan ini dibagi menjadi 3 bagian untuk dikonsumsi 3 kali sehari.

2. Lempuyang Emprit

Kandungan yang dimilikinya adalah sekuiterpenketon yang bisa bermanfaat untuk menurunkan demam. Bagian yang digunakan biasanya bagian rimpang yang berwarna putih kekuningan dan rasanya cukup pahit.

Untuk membuat ramuan ini, caranya adalah membersihkan terlebih dahulu umbi lempuyang emprit sebanyak 10 gram. Parut dan tambahkan ½ gelas air panas, kemudian aduk hingga merata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Untuk mengurangi rasa pahit, campurkan dengan 2 sendok makan madu bunga kapuk. Berikan 3 kali sehari hingga demam benar-benar hilang.

3. Temulawak

Bahan ini memang sudah jarang ditemui di lingkungan sekitar, namun anda harus mengetahui bahwa bahan ini bisa menurunkan demam anak. Rupanya seperti temu putih, hanya warna bunga dan rimpangnya berbeda. Bunga temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda. Sedangkan Rimpang temulawak berwarna jingga kecoklatan.

Kandungan temulawak ini berupa zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena dan sebagainya. Bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti-peradangan), dan anti biotic. Sejak dulu, temulawak telah dikenal sebagai obat perangsang nafsu makan dan sakit kuning.

Caranya membuatnya mudah dan mirip obat tradisional penurun demam anak sebelumnya. Yakni cuci bersih terlebih dahulu 10 gram rimpang temulawak. Parut dan tambahkan ½ gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, anda bisa memeras dan menyaring sarinya. Campurkan dengan 2 sendok makan madu. Berikan ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Sambiloto

Namanya memang cukup aneh, bahkan mungkin anda tidak tahu tumbuhan sambiloto seperti apa. Kandungan yang dimilikinya yaitu andrografolid lactones, diterpene, glucosides dan flavonoid yang bisa menurunkan demam.

Untuk membuat ramuan obat tradisional ini caranya: rebus 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering (2,5 ibu jari) dan 200 cc air. Rebus hingga mendidih dan sisakan hingga airnya 100 cc, barulah saring. Setelah hangat. Tambahkan 100 cc madu bunga kapuk, aduk secara merata. Kemudian bagi menjadi 3 bagian, berikan pada anak 3 kali sehari. Jika demamnya berkelanjutan dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya anda membawa ke dokter.

5. Bawang merah

Anda tidak tahu bawang merah? Sungguh keterlaluan, bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan. Bukan hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bermanfaat sebagai obat tradisional penurun demam anak. Kandungan bawang merah diantaranya sikloaliin, metilaliin, kaemferol dan floroglusin.

Caranya adalah dengan mengupas 5 butir bawang merah. Parut kasar, tambahkan juga minyak kelapa secukupnya. Kemudian balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh. Cara ini banyak digunakan oleh orang tua karena mudah dalam pembuatannya.

Perhatikan juga dosis yang bisa diberikan pada anak. Dosis yang tidak tepat berpengaruh pada proses penyembuhannya. Meskipun obat tradisional penurun demam tidak memberikan efek samping, anda tetap perlu memperhatikan dosisnya. Berikut dosis obat tradisional yang direkomedasikan untuk anak:

Usia Dosis
Bayi 1/8 dosis dewasa
2-5 tahun ¼ dosis dewasa
6-9 tahun 1/3 dosis dewasa
10-13 tahun ½ dosis dewasa

Secara tidak langsung, dengan menggunakan obat tradisional ini anda ikut melestarikan warisan nenek moyang yang sangat berharga. Anda bisa mendapatkan manfaat yang banyak saat menggunakan obat tradisional. Selain menghemat uang karena harganya murah, kesehatan anak juga terjaga karena obat tradisional tidak menimbulkan ketergantungan dan efek samping. Semoga Bermanfaat. Tag:

Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "Obat Tradisional Penurun Demam Anak"

Tinggalkan pesan "Obat Tradisional Penurun Demam Anak"