Kesehatan
Sep17

Pentingnya Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

0 komentar

Manfaat air putih – Ternyata air bagi tubuh memang sangat penting. Apalagi 50% dari tubuh kita terdiri atas cairan. Sehingga tubuh kita sangat membutuhkan air untuk fungsi penting yang tidak bisa digantikan dengan lainnya. Manfaat air dalam tubuh diantaranya ialah untuk menjaga suhu tubuh agar tetap dalam kondisi yang normal, mampu melumasi sendi, dan membuang zat yang tak terpakai pada tubuh dengan sistem ekskresi seperti keluar keringat, urin, maupun air besar. Manfaat air putih masih ada banyak lagi, yang harus anda penuhi dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Tubuh memang membutuhkan cairan yang berguna dalam proses pencernaan, dan juga penyerapan zat-zat penting bagi tubuh yang dirubah menjadi energi. Mampu melancarkan sirkulasi darah, pencernaan, memproduksi cairan ataupun air ludah, transportasi nutrisi, sekaligus mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil.

Anda juga harus mengkonsumsi air putih agar dalam tubuh anda tidak kekurangan cairan. Karena kondisi seperti ini bisa berakibat buruk pada kesehatan seperti membuat tubuh menjadi lemas, otot yang lemah dan kram, kurang focus, dapat meningkatkan kelelahan karena panas, maupun serangan stroke.

Institut of Medicine’s Food & Nutrition Board telah merekomendasikan untuk wanita agar minum air putih 2,6 liter setiap hari sedangkan bagi pria membutuhkan sekitar 3,7 liter per harinya. Beberapa manfaat yang bisa anda ambil dengan mengkonsumsi air putih yang cukup ialah sebagai berikut.

1. Mampu Membangkitkan otot

Pada sel sel otot yang kurang mempunyai cairan juga tidak akan sanggup untuk mempertahankan cairan dan juga elektrolit, yang mengakibatkan otot menjadi kelelahan. Otot dalam tubuh juga tidak akan berfungsi secara baik bahkan bisa berkurang kemampuannya. Anda juga sangat membutuhkan air ketika sedang melakukan kegiatan ataupun olahraga tertentu. Telah direkomendasikan oleh ahli jika sebelum anda memulai olahraga harus mengkonsumsi air putih 0,5 liter.

2. Menjaga kulit tetap bercahaya

Pada kulit seseorang sebenarnya juga mengandung banyak air. Hal ini bertujuan sebagai pencegah hilangnya cairan dalam tubuh yang berlebihan. Namun dengan banyaknya cairan dalam tubuh juga tidak berarti anda bisa menghilangkan kerutan pada kulit anda.

3. Mengendalikan kalori

Banyak yang sedang melakukan diet dengan cara mengkonsumsi air putih secara cukup. Tujuannya ialah untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal. Meskipun hal ini tidak secara langsung, namun akan sangat membantu jika anda menggunakan air putih untuk menggantikan minuman berkalori tinggi.

Selain itu, dengan melakukan diet dan mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan cairan berkalori tinggi juga akan membantu program diet yang anda lakukan. Ini juga akan membantu memangkas kalori dalam tubuh.

4. Memelihara fungsi ginjal

Tahukah anda jika cairan dalam tubuh berfungsi untuk alat transportasi sisa-sisa yang telah  keluar masuk pada sel tubuh. Sedangkan yang menjadi racun utama dalam tubuh ialah nitrogen urea darah. Itulah cairan yang melalui ginjal yang selanjutnya akan diproses serta dikeluarkan oleh tubuh berbentuk urin.

Jika cairan dalam tubuh anda tercukupi, maka urin yang anda keluarkan akan bebas, jernih bahkan tanpa bau. Sementara saat cairan tubuh anda tidak mencukupi, maka konsentrasi urine, warna, maupun baunya juga akan lebih kentara. Hal itu disebabkan organ ginjal harus menyerap cairan secara ekstra guna menjalankan fungsinya. Itulah sebabnya jika anda anda kurang konsumsi air putih sangat beresiko terkena batu ginjal. Terutama ketika sedang musim panas atau hangat. Itulah manfaat air putih bagi kesehatan tubuh yang harus anda ketahui. Hal ini hanya untuk menjaga kesehatan tubuh anda tetap terjaga dengan mengkonsumsi air putih secara cukup.

Sekian saja artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Pentingnya Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh"

Tinggalkan pesan "Pentingnya Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh"