Kecantikan, Kesehatan
Sep21

5 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

0 komentar

Manfaat Anggur – buah satu ini memang banyak macamnya. Ada yang berwarna hijau, merah ataupun hitam. Anda tinggal pilih buah anggur ini sesuai selera anda. Namun dibalik itu semua, ternyata dalam buah anggur memiliki manfaat yang tak disangka terutama bagi kesehatan. Anda bisa megkonsumsinya secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus buah. Dalam buah anggur juga telah tersimpan berbagai nutrisi serta kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh anda. Untuk mengetahui manfaat anggur, anda bisa simak ulasan berikut ini.

Manfaat buah anggur banyak dipengaruhi oleh kandungan polifenol didalamnya sebagai senyawa pemberi warna buah. Dengan kandungan antioksidan polifenol didalamnya mampu menjaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Bukan Cuma itu, tubuh juga akan terjaga dari kerusakan lingkungan maupun serangan radikal bebas. Manfaat lain buah anggur bagi kesehatan tubuh diantaranya.

1. Bermanfaat bagi Jantung dan juga pembuluh darah

Senyawa Polifenol yang terdapat pada buah anggur ini juga diklaim mampu mencegah penyakit kardiovaskular, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta memberikan efek anti inflamasi pada dinding pembuluh darah. Dengan ini, maka buah anggur bisa mengurangi tekanan darah sekaligus mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis  (yakni pengerasan dinding pada pembuluh darah arteri).

Bukan Cuma itu saja, dengan senyawa polifenol pada buah anggur juga bisa berfungsi sebagai antiplatelet ( yakni mencegah penumpukan platelet ), maupun menunjang fungsi endotel. Berdasarkan sebuah penelitian, senyawa flavonoid yang terdapat pada buah anggur dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan yang diakibatkan karena LDL (kolesterol jahat). Sementara kandungan serat maupun kalium yang terdapat pada buah anggur juga bisa menjaga kesehatan organ jantung anda.

Untuk itu, konsumsilah buah anggur ini untuk menjaga kesehatan tubuh terhadap serangan radikal bebas maupun menjaga organ penting didalam tubuh anda.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Buah anggur juga bisa bermanfaat untuk memperlambat maupun mencegah berbagai tipe kanker. Diantaranya paru-paru esofagus, faring, mulut, endometrium (merupakan lapisan terdalam di dinding rahim), pancreas, usus besar, dan juga prostat.

Hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan polifenol. Bukan Cuma itu saja, kulit buah anggur juga merah juga mengandung polifenol bertipe resveratrol. Kandungan tersebut sangat berguna bagi kesehatan jantung sekaligus menjaga pembentukan maupun penyebaran kanker. Dengan mengkonsumsi buah anggur secara rutin, maka penyebaran kanker dalam tubuh bisa dihambat.

3. Insufisiensi vena kronis

Ternyata dengan mengkonsumsi ekstrak dari biji anggur juga bisa mengurangi gejala pada insufisiensi vena kronis. Misalnya kaki terasa berat, tegang, lelah, nyeri, maupun kesemutan. Bukan Cuma ekstrak biji anggurnya saja yang bermanfaat, namun juga ekstrak daun anggur. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun anggur maka bisa mengurangi kaki bengkak sesudah 6 minggu.

4. Tekanan darah tinggi

Dalam buah anggur juga memiliki kandungan flavonoid. Dengan kandungan tersebut maka sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Dalam buah anggur juga terdapat kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa membantu untuk menghilangkan efek natrium yang terdapat dalam tubuh anda. Efek tersebut menjadikan tekanan darah tinggi yang dialami bisa berkurang.

5. Meningkatkan memori

Terdapat penelitian yang menyatakan jika buah dengan kandungan antioksidan bisa mengurangi stress oksidatif. Yang mana stress tersebut akan mengarah pada proses penuaan. Kandungan tersebut juga mampu meningkatkan cara kerja memori verbal maupun fungsi motorik. Jadi, mengkonsumsi buah anggur yang mengandung antioksidan sangat penting bagi kesehatan memori otak anda. Itulah manfaat anggur yang bisa anda jadikan referensi. Untuk menjaga kesehatan tubuh anda, tentu mengkonsumsi buah anggur ini sangat dianjurkan.

sekian saja artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua. jangan lupa berikan komentar sahabat pada kolom komentar di bawah ini. Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "5 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"

Tinggalkan pesan "5 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui"