Kecantikan, Kesehatan
Sep24

7 Manfaat Penting Coklat Bagi Kesehatan

0 komentar

Manfaat Coklat – siapa yang tidak mengenal coklat. Makanan satu ini memang menjadi favorit bagi keluarga terutama bagi anak anak. Dengan mengkonsumsi coklat tentu akan membuat tubuh lebih segar dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Coklat juga mampu membuat anda lebih bahagia tetap tenang. Ternyata masih ada banyak manfaat coklat yang bisa anda ambil dengan mengkonsumsi makanan lezat ini. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Membantu Kesehatan Otak

Pada Cokelat juga mengandung vitamin-C maupun antioksidan flavonoid disertai oleh komponen utama berupa senyawa polifenol diantaranya katekin, epicatechins, maupun procyandins. Dengan kendungan tersebut akan membantu kesehatan otak sekaligus sistem saraf, dan juga mencegah kerusakan karena serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi coklat juga bisa meningkatkan kadar serotonin yang terdapat dalam otak sehingga berfungsi dalam meningkatkan efisiensi otak serta daya ingat otak. Jadi, anda bisa mengkonsumsi coklat untuk menjaga kesehatan otak anda.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam coklat juga terdapat kandungan flavonoid misalnya epicatechin dan juga asam gallic. Dengan kandungan tersebut akan sangat efektif dalam menjaga kesehatan organ jantung anda.

Walaupun asam setrat telah berubah asam lemak jenuh, namun hal ini tidak memberi pengaruh terhadap tingkat kolesterol dalam tubuh. Justru bisa mengurangi kemungkinan timbulnya serangan jantung. Dengan adanya Sifat antioksidan flavonoid yang terdapat dalam coklat, maka akan sangat efektif untuk melindungi organ jantung terhadap kerusakan yang disebabkan karena serangan radikal bebas.

3. Mengatur Suasana Hati

Didalam coklat juga terdapat kandungan kafein yang merupakan senyawa alkaloid, theobromine maupun phenylethylamine. Dengan senyawa tersebut, maka akan sangat efektif untuk mengatur suasana hati seseorang. Terdapat kandungan tryptophan dalam coklat yang memberi efek menenangkan. Apalagi pada kasus stress ataupun dalam keadaan tegang membuat emosi kurang terkontrol. Jika hal ini terjadi, maka anda bisa mengkonsumsi coklat untuk menghindarinya.

4. Mengatur Tekanan Darah

Senyawa Flavonoid yang terdapat dalam cokelat juga mengandung polifenol diantaranya katekin, epicatechins, serta procyandins. Dengan kandungan tersebut akan sangat berfungsi untuk meningkatkan jumlah nitrat oksida yang ada dalam darah seseorang. Oleh karena itu coklat bisa menjaga tekanan darah agar lebih stabil.

5. Melindungi Dari Gangguan Berbahaya

Sementara kandungan polifenol, zat flavonoid maupun vitamin-C dalam cokelat juga sebagai antioksidan. Kandungan tersebut tentunya akan menangkal radikal bebas dan menyembuhkan kerusakan dalam tubuh karena serangan radiasi-radiasi benda disekitar kita. Dengan kandungan tersebut sangat efektif pula untuk mencegah gangguan pada penglihatan, pendengaran, gangguan saraf, otak, dan juga degenerasi makula.

6. Menyembuhkan Sakit Batuk Dan Pilek

Tidak sampai disitu saja. Didalam coklat juga ada kandungan vitamin-C, senyawa alkaloid, maupun flavonoid. Beberapa kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menyembuhkan sakit batuk maupun pilek. Adanya kandungan Asam lemak dalam coklat yang berbentuk asam setrat, asam palmitat, maupun asam oleat sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit pada tenggorokan karena batuk secara terus menerus. Jika anda merasa ada masalah kesehatan seperti ini, maka tidak ada salahnya jika mengkonsumsi coklat untuk mengurangi gejala tersebut.

7. Mencegah Diabetes

Didalam coklat terdapat kandungan alkaloid berbentuk kafein dengan rasa pahit didalamnya. Kepahitan dari kandungan alkaloid tersebut ternyata sangat berfungsi dalam menetralkan gula yang terdapat dalam darah. Bukan Cuma itu saja, kandungan tersebut juga mampu merangsang sekresi empedu serta insulin yang bisa membantu mengurangi kadar gula darah anda. Inilah alasannya kenapa banyak yang suka coklat selain rasanya sangat lezat. Itulah beberapa manfaat coklat yang bisa anda peroleh setelah mengkonsumsi coklat. Selain rasanya yag lezat, dalam coklat ini juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

 

Tag:
Rating artikel ini!

Penulis: 

author

Posting terkait "7 Manfaat Penting Coklat Bagi Kesehatan"

Tinggalkan pesan "7 Manfaat Penting Coklat Bagi Kesehatan"