Kecantikan, Kesehatan
Sep25

5 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

0 komentar

Manfaat Ciplukan – banyak yang menyepelekan buah satu ini. Namun ternyata khasiat buah ini sangat besar bagi kesehatan tubuh. Sama hal nya dengan buah lainnya, buah ciplukan ini juga punya khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan penting yang tidak kita jumpai pada tanaman lain. jika anda penasaran apa saja Manfaat Ciplukan bagi kesehatan, simak ulasan berikut ini.

1. Mengobati Penyakit Epilepsi

Ternyata buah ciplukan bisa bermanfaat bagi penderita ayan. Biasanya penderita ayan akan hilang kesadaran dan akan kejang-kejang serta keluar buih pada mulutnya. Penyakit tersebut juga banyak dikenal orang sebagai sawan babi maupun epilepsi. Penyakit ini juga tidak diketahui kapan akan kambuh. Sehingga kebanyakan dari mereka sangat malu ketika memiliki penyakit ini.

Namun ternyata dengan buah ciplukan ini, maka penyakit ayan bisa diatasi. Akan tetapi untuk lebih jelasnya bisa konsultasi pada dokter ahli terkait penyakit yang dialami tersebut. Untuk pendamping pengobatan, anda bisa menggunakan buah ciplukan ini. Konsumsilah 10 buah ciplukan dengan rutin per hari lalu rasakan manfaatnya.

2. Mengatasi Sariawan

Masalah sariawan memang banyak dialami oleh masyarakat yang kurang mengkonsumsi kandungan vitamin C. penyakit tersebut biasa dirasakan pada gusi, mulut dibagian dalam, dan juga lidah yang ada bintik merah maupun putih. Hal ini akan sangat tersiksa ketika anda sedang makan sesuatu.

Ditambah lagi bau mulut yang kurang sedap pasti akan dirasakan pada orang yang mengalami sakit sariawan ini. Aktivitas bakteri yang ada di mulut mampu menjadikan bau mulut anda kurang sedap ketika sedang sariawan. Namun hal ini bisa diatasi dengan kandungan vitamin C pada buah ciplukan yang bisa anda konsumsi setiap waktu. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan langsung ataupun dengan membuatnya menjadi minuman jus.

3. Menurunkan Darah Tinggi

Kondisi seseorang yang mengalami darah tinggi ialah ketika tekanan darahnya telah melebihi batas wajarnya. Jika hal ini dibiarkan saja, tentu akan berakibat fatal bagi kesehatannya. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anda juga bisa menggunakan khasiat buah ciplukan ini untuk dijadikan ramuan.

Cara membuatnya ialah dengan merebus 5 butir ciplukan atau secukupnya menggunakan air 100 ml. Tunggu sekitar 5 menit supaya kandungan nutrisi dalam buah ini tidak hilang. Sebelum diminum, anda harus menyaringnya terlebih dahulu. Konsumsi 2 kali sehari ramuan ini. Rasakan perbedaanya dengan cara mengecek tensi darah anda setelah mengkonsumsi ramuan ini.

4. Menyembuhkan Vertigo

Penyakit Vertigo biasa dikenal sebagai sakit paru-paru. Jika paru-paru anda mengalami masalah, maka akan berakibat pada organ pernapasan anda. Sehingga nafas anda kurang optimal dari pada sebelumnya. Jadi, anda bisa mencegahnya sedini mungkin agar hal tersebut tidak sampai terjadi.

Jika anda mengalami hal tersebut, sediakan buah ciplukan besera daun, akar maupun batangnya. Seluruh bahan tersebut direbus dengan air sampai mendidih. Sebelum anda meminumnya, saringlah terlebih dahulu. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari.

5. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening

Daun ciplukan juga bisa digunakan untuk penderita bengkak pada kelenjar getah bening. Anda bisa mengambil bagian daun ciplukan untuk dijadikan sebagai ramuan penyembuhnya. Akan tetapi, jika anda mengkonsumsi rebusan daun ciplukan tersebut, juga harus disertai dengan konsumsi air putih yang cukup.

Jika anda ingin mengambil manfaat ciplukan, maka harus mengikuti saran dari dokter ahli. Konsultasikan dengan dokter anda, agar mendapatkan dosis paling tepat serta seimbang. Jangan mengkonsumsi secara berlebihan karena kita tidak tahu dosis yang pas untuk masing masing sangat berbeda.

Sekian artikel dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. jangan lupa berikan kritik dan saran pada kolom komentar di bawah ini.

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "5 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui"

Tinggalkan pesan "5 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui"