Kecantikan, Kesehatan
Sep27

5 Manfaat Energi Matahari Untuk Kesehatan Manusia

0 komentar

Manfaat Energi Matahari – sebagai salah satu sumber energy terbesar di bumi, tentunya matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup yang jarang kita ketahui. Sumber energi utama ini sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya. Dengan Manfaat Energi Matahari yang sangat besar ini, kelangsungan hidup makhluk akan lebih baik dan bisa bertahan hidup. Energi ini juga banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber energy alternative yang tidak akan bisa habis meskipun digunakan secara terus menerus. Jika anda ingin tahu apa saja manfaat energi matahari, simak ulasan berikut ini.

1. Membantu kesehatan tulang

Ternyata energy matahari juga sangat penting bagi manusia. Salah satu manfaat sinar matahari untuk manusia ialah mampu menjaga kesehatan tulang. Sinar matahari ternyata bisa merubah pro vitamin D yang ada didalam tubuh menjadi kandungan vitamin D. Sementara kandungan vitamin D sendiri sangat berguna bagi kesehatan tulang.

Jika anda ingin mengambil manfaat sinar matahari, maka waktu yang paling baik ialah sekitar pukul 7 pagi sampai pukul 08.30. hal ini banyak dimanfaatkan oleh pasien setelah operasi untuk memulihkan tenaganya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sementara untuk bayi juga sangat bagus jika terkena sinar matahari pagi.

2. Membantu manusia beristirahat dengan baik

Manfaat yang bisa anda ambil selanjutnya ialah dengan terkena sinar matahari, maka istirahat anda pasti akan lebih bagus. Ketika anda dibawah sinar matahari sekitar 6 jam, perharinya, maka anda akan merasa lebih segar saat malam hari. Sementara jika anda terkena sinar matahari ketika sore hari, hal ini juga sangat bagus untuk kesehatan anda. Hal tersebut juga membuat anda merasa lebih cepat mengantuk dan bisa beristirahat dengan nyenyak.

3. Sebagai pereda rasa sakit

Manfaat lain energi matahari bagi kesehatan manusia ialah sebagai pereda rasa sakit yang dialaminya. Sinar matahari sudah banyak digunakan untuk analgesic maupun pereda rasa nyeri yang sekarang ini sudah banyak dilakukan.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika sinar matahari bisa meredakan rasa nyeri yang dialami oleh manusia. Terdapat penelitian yang menyatakan jika pasien pasca operasi akan meras lebih nyaman serta tidak gampang stress sesudah terkena sinar matahari daripada pasien yang tinggal di kamar saja seharian.

4. Membantu membakar lemak

Ternyata sinar matahari juga bisa membakar lemak di dalam tubuh. Bukan Cuma lemak yang ada di bawah jaringan kulit saja yang bisa terbakar oleh sinar matahari. Melainkan lemak yang bisa berujung terkena penyakit jantung maupun kolesterol. Paparan sinar matahari sudah dipercaya bisa membantu dalam meluluhkan sekaligus menjauhkan dari berbagai jenis penyakit yang kemungkinan menyerang tubuh anda. Dengan paparan sinar matahari juga memaksimalkan sistem metabolisme yang terjadi di dalam tubuh manusia. Jadi, jika anda ingin lebih sehat, sempatkan untuk berjemur di bawah terik matahari ketika pagi hari ataupun sore hari.

5. Sinar matahari pagi hari dapat membunuh mikroba

Hal ini bisa anda amati ketika anda menjemur kasur maupun karpet yang sulit dicuci. Jika menjemur di bawah sinar matahari, maka mikroba yang terdapat pada kasur dan juga karpet akan mati. Hal ini juga berlaku untuk manusia.

Jika rutin berjemur dibawah terik matahari pagi akan menjadikan kulit mereka lebih cerah sekaligus bisa meningkatkan elastisitas pada kulit. Bahkan sinar matahari juga sudah terbukti mampu menambah sistem kekebalan dalam tubuh seseorang jika rutin berjemur ketika pagi hari. Manfaat energi matahari memang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, jadi tidak ada salahnya jika anda rutin berjemur mulai sekarang.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, jangan lupa berikan kritik dan saran pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "5 Manfaat Energi Matahari Untuk Kesehatan Manusia"

Tinggalkan pesan "5 Manfaat Energi Matahari Untuk Kesehatan Manusia"