Kecantikan, Kesehatan
Okt22

Cara Mudah Mengatasi Gatal Dan Iritasi Kulit

0 komentar

Anda mungkin pernah mengalami gatal pada kulit, karena gatal dan iritasi kulit bisa menyerang siapa saja. Menderita gatal-gatal tentunya membuat anda tidak nyaman apalagi rasa gatal itu muncul saat Anda sedang beraktifitas. Terlebih saat sedang berada pada moment penting atau bekerja, menggaruk bagian kulit yang gatal akan menimbulkan rasa malu. Menderita gatal juga akan menyiksa diri anda karena istirahat terganggu dan tidak jarang membuat penderitanya susah tidur. Jika penderita gatal menggaruk kulit secara berlebihan, bisa mengakibatkan iritasi dan menambah parah bagian yang gatalnya.

Baik gatal ataupun iritasi, jelas tidak bisa dibiarkan begitu saja. Gatal bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena faktor jamur, alergi, virus, gigitan serangga, hingga karena paparan zat kimia tertentu. Bahkan gatal pada kulit juga bisa disesabkan oleh suatu penyakit kronis yang mengakibatkan zat tertentu menumpuk dalam tubuh sehingga timbullah gatal-gatal. Penyakit gagal ginjal, hepatitis, sirosis, diabetes, leukemia, dan limfoma menimbulkan efek gatal pada kulit penderitanya.

Sedangkan Iritasi adalah kondisi kulit yang mengalami permasalahan seperti gatal, radang atau bersisik, kemerahan dan pecah-pecah. Biasanya iritasi kulit disebabkan oleh beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, pemakaian sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit, atau produk kecantikan yang mengandung bahan kimia.

Jika kulit anda terasa gatal atau iritasi, tak perlu khawatir karena ada Cara Mudah Mengatasi Gatal Dan Iritasi Kulit. Perhatikan ulasannya di bawah ini !

1. Campuran Kunyit, Temulawak dan Sambiloto

Obat tradisional bukan hanya aman digunakan, tapi dari segi harganya memang cukup terjangkau oleh semua kalangan. Untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit, anda bisa membuat ramuan dari kunyit, temulawak dan sambiloto. Ramuan ini sangat ampuh dijadikan sebagai obat gatal. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 20 gram kunyit, 30 gram temulawak, dan 10 gram daun sambiloto. Kupas terlebih dahulu kunyit dan temulawaknya. Kemudian cuci ketiga bahan yang sudah disiapkan tersebut. Setelah bersih, barulah direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Selanjutnya, saring ramuan tersebut lalum minum airnya secara teratur 2 kali sehari.

2. Tanah Liat

Sepertinya sangat sulit mencari tanah liat di daerah Perkotaaan, anda harus pergi ke daerah Pinggiran Kota untuk menemukannya. Jika beruntung menemukan tanah liat, anda bisa mencobanya untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit. Terutama bisa membantu menghilangkan rasa gatal yang disebabkan sengatan atau gigitan binatang. Tanah liat berfungsi sebagai penarik racun dari kulit, sehingga rasa sakit dan gatal pun berkurang.

Untuk menggunakan tanah liat ini cukup mudah. Campurkan tanah liat dengan air dalam mangkuk hingga kental menyerupai selai kacang. Setelah itu baru dioleskan ke bagian kulit yang gatal. Biarkan dalam waktu yang lama hingga kering. Bisa juga menggunakan kain kasa dengan cara membalutnya. Setelah kering, kemudian bilas menggunakan air bersih.

3. Lidah Buaya

Kita sering mendengar bahwa lidah buaya bermanfaat untuk menebalkan atau menyehatkan rambut. Ternyata, lidah buaya juga bisa mengatasi gatal dan iritasi kulit. Gel pada lidah buaya sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai obat gatal dan iritasi kulit.

Bagaimana cara mudah mengatasi gatal dan iritasi kulit menggunakan gel lidah buaya? Caranya adalah ambil 1 batang lidah buaya yang masih segar. Patahkan lidah buaya tersebut, gel yang keluar kemudian diambil dan dioleskan pada kulit yang gatal atau iritasi. Diamkan selama beberapa menit hingga mongering. Setelah itu kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur dan rutin untuk mempercepat proses penyembuhannya.

4. Daun Peppermint

Selanjutnya yaitu menggunakan daun peppermint sebagai obat untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit. Daun peppermint bisa menurunkan iritasi/peradangan dan pembengkakan. Anda juga bisa merasakan sensasi dingin dan rasa nyaman pada kulit.

Cara menggunakan daun peppermint justru sangat simpel. Anda hanya tinggal menggosokkan daun peppermint pada area kulit yang mengalami gatal. Kemudian tunggu beberapa menit supaya meresap. Kemudian bilas dengan air bersih. Coba rasakan, apakah terasa mendingan setelah menggunakan daun peppermint?

5. Daun Kemangi

Mungkin kita sering menemukan daun kemangi dalam lalapan di sebuah rumah makan. Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga sering digunakan untuk bumbu pepes ikan atau ayam. Ternyata daun kemangi bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit. Daun kemangi mengandung zat thymol yang sangat efektif menyembuhkan gatal-gatal. Cara menggunakannya hampir sama dengan daun peppermint di atas. Yakni siapkan daun kemangi secukupnya, cuci hingga bersih. Barulah digosok-gosokkan pada kulit yang gatal dan iritasi.

6. Daun Sirih dan Kulit Manggis

Anda juga bisa membuat ramuan yang satu ini sebagai obat untuk mengatasi gatal dan iritasi kulit. Apa ramuan yang dimaksud? Ya, daun sirih dan kulit manggis. Cara membuat ramuan ini juga tidak sulit. Siapkan 20 lembar daun sirih dan 100 gram kulit manggis. Keduanya dicuci hingga bersih. Selanjutnya direbus dengan air secukupnya, disesuaikan saja. Gunakan airnya ketika masih hangat untuk membasuh bagian kulit yang gatal dan iritasi. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Selain mengatasinya dengan berbagai obat di atas, anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan tempat tinggal. Lingkungan yang bersih bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Biasakan untuk menjaga kebersihan kuku, tidak menggunakan pakaian yang bisa memicu rasa gatal seperti kain wol atau pakaian yang ketat. Hindari menggaruk area kulit yang gatal karena kuku bisa saja menyebarkan bakteri dan kuman, kuku juga menyebabkan iritasi bertambah parah. Jangan lupa menjaga kebersihan kulit dengan cara mandi yang teratur menggunakan sabun yang cocok dengan kulit.

Jika kulit anda termasuk kulit yang sensitive, maka selektif-lah dalam memilih makanan yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Diantara makanan yang memicu alergi adalah udang, kerang, telur, daging, ikan asin dan lain-lain. Waspada juga terhadap berbagai zat yang bisa menimbulkan alergi gatal seperti obat tertentu, kosmetik, sabun, dan sebagainya. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa kondisi psikis atau pikiran juga bisa menimbulkan gatal pada kulit. Jadi sebaiknya menjaga kondisi psikis atau pikiran untuk tidak stress dalam menghadapi suatu masalah.

Segera konsultasikan dengan dokter kulit jika gatal dan iritasi pada kulit tidak kunjung sembuh. Dengan adanya penanganan dari dokter, maka kulit anda akan disesuaikan dengan obat yang cocok. Pemeriksaan dan penanganan medis yang tepat akan mempercepat proses penyembuhannya. Semoga Bermanfaat, jangan lupa berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Cara Mudah Mengatasi Gatal Dan Iritasi Kulit"

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Mengatasi Gatal Dan Iritasi Kulit"