Kecantikan, Kesehatan
Feb21

Tips Menggunakan Hairspray Tanpa Merusak Rambut

0 komentar

Saking pentingnya keberadaan rambut bagi seorang wanita, banyak yang beranggapan bahwa rambut adalah mahkota setiap wanita. Bisa jadi pria pun menganggap hal yang sama mengenai rambut. Banyak perawatan yang dilakukan untuk menjaga agar rambut tetap terlihat sehat dan menawan. Wanita yang memiliki rambut indah dan sehat akan meningkatkan rasa percaya diri. pesona keanggunannya semakin nampak terlihat dari luar. Bagi pria sendiri, rambut yang memberikan kesan rapi dan elegan semakin menambah wibawanya.

Jelas tidak mudah untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi rambut menjadi rusak. Terutama bagi orang yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis. Sinar matahari hampir setiap hari muncul dan menjadi musuh bagi setiap helai rambut. Saat rambut sering terkena sinar matahari, maka hal tersebut mempengaruhi rambut menjadi lebih kering.

Rambut kering menjadi masalah yang sering dialami oleh semua orang. Rambut kering juga terkadang disertai dengan rambut mengembang. Sehingga anda kesulitan untuk menguraikannya, kecuali dibasahi terlebih dahulu atau sehabis mandi menggunakan minyak rambut.

Selain sinar matahari yang menyebabkan rambut rusak, seringkali penggunaan bahan perawatan rambut yang tidak sesuai menjadi penyebabnya. Seperti penggunaan shampoo, obat berbahan kimia saat melakukan smoothing atau rebonding, pewarna rambut, dan bisa juga keseringan menggunakan hairspray.

Saat anda pergi ke acara formal seperti pernikahan, wisuda, pergi ke pesta dan lain-lain sering menggunakan hairspray. Tujuannya untuk mempercantik tatanan rambut yang anda miliki, apalagi saat anda harus menggunakan sanggul. Rambut yang menggunakan hairspray biasanya menjadi kaku dan rusak jika tidak bisa menanganinya dengan tepat. Jangan biarkan rambut yang awalnya indah menjadi rusak karena tidak ditangani dengan tepat.

Bagi sebagian wanita mungkin hairspray sudah sangat akrab digunakan sehari-hari. Hairspray biasanya terbuat dari bahan kimia yang bisa membahayakan rambut. Hairspray memang berguna untuk mempertahankan gaya rambut agar tetap stabil sesuai bentuk yang diinginkan. Tapi, relakah kesehatan rambut jadi korbannya? Lalu bagaimana tips menggunakan Hairspray Tanpa Merusak Rambut? Ketika menggunakan hairspray, tentukan terlebih dahulu apa maksud dan tujuannya. Hal ini penting dilakukan agar penggunaannya tepat sasaran dan tidak merusak rambut. Agar terhindar dari kerusakan, simak tips menggunakan hairspray di bawah ini.

Gunakan Sesuai Kebutuhan

Gunakan hairspray pada acara-acara formal dimana mengharuskan anda tampil rapi dan cantik. Biasanya digunakan saat menghadiri tempat resepsi pernikahan, acara wisuda, wawancara kerja atau bahkan saat bekerja. Setidaknya, dengan menggunakan hairspray sesuai kebutuhan bisa mencegah kerusakan rambut. Pemakaian yang tidak terlalu sering bisa mengistirahatkan rambut dari radiasi bahan kimia. Ingat, jika hanya liburan ke Pantai atau jalan-jalan di Mall tak perlu menggunakan hairspray.

Memilih produk hairspray yang tepat

Ketahuilah, memilih hairspray yang bagus bisa membuat produk tersebut nyaman saat digunakan pada rambut. Selain nyaman, tidak akan terasa lengket saat digunakan pada rambut dan tidak menimbulkan bintik putih seperti ketombe. Jika tetap muncul bintik putih, itu tandanya hairspray yang anda gunakan tidak aman untuk rambut dan kulit kepala. Sebaiknya jangan diteruskan jika terjadi semacam itu.

Kocok hairspray sebelum dipakai

Sebelum mengaplikasikannya ke rambut, hairspray harus dikocok terlebih dahulu. Langkah ini penting dilakukan agar tidak ada cairan yang mengendap atau menggumpal pada setiap helai rambut. Jika terjadi yang seperti itu, bisa mengakibatkan rambut menjadi tidak menarik dan sulit untuk dihilangkan.

Semprot dari jarak yang tepat

Perhatikan juga cara pemakaian hairspray terutama jarak ketika menyemprotkannya pada rambut. Usahakan untuk menyemprotkannya dari jarak yang tepat, yakni tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh dengan kepala dan rambut. Jarak yang tepat adalah sejauh 30 cm. Langkah ini sebagai upaya dalam mencegah penggumpalan dan membantu penyebaran hairspray secara merata. Dengan memperhatikan jaraknya, maka akan memberikan efek alami pada rambut sehingga tidak menimbulkan kekakuan pada rambut itu sendiri.

Gunakan sisir atau tangan

Untuk membantu merapikan rambut dan mengurangi kadar hairspray, anda bisa menggunakan sisir. Caranya justru lebih mudah, yakni menyemprotkan hairspray pada sisir kemudian rambut disisir dengan rapi. Jika menggunakan tangan, bisa menyemprotkannya pada telapak tangan secukupnya. Setelah itu oleskan ke rambut, lakukan secara berulang untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Jika kulit kepala memiliki permasalahan seperti kulit sensitive, sebaiknya menghindari pemakaian hairspray berbahan alcohol. Alkohol membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering dan memicu timbulnya ketombe yang berlebih. Tetapi jika sebelumnya rambut anda telah bermasalaha, lebih baik mengaplikasikan hairspray pada ujung rambut. Gunakan sesuai kebutuhan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Sementara untuk mencegah kerusakan, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti segera keramas setelah menggunakan hairspray. Wanita umumnya akan malas membersihkan rambut setelah pulang dari acara yang mengharuskan dia menggunakan hairspray. Akibatnya, rambut hairspray akan dibawa tidur semalaman. Keramaslah dengan air biasa, kemudian anda bisa mengoleskan pelembab rambut dan vitamin agar rambut tetap sehat.

Lakukan perawatan rambut secara rutin. Jika anda memang tipe wanita yang sering menggunakan hairspray, merawat kesehatan rambut menjadi hal yang harus diperhatikan. Rambut yang banyak terkena paparan kimia lebih beresiko cepat rusak dan menyebabkan rambut rontok.

Untuk mengatasi rambut rusak, anda bisa memanfaatkan vitamin E. Carilah shampoo khusus perawatan rambut rusak yang mengandung vitamin E. Tambahkan juga kapsul vitamin E pada shampoo untuk mendapatkan rambut yang sehat. Anda juga disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang baik. Makanan yang bisa dicoba dan banyak mengandung vitamin E seperti telur, kecambah, kacang, pepaya dan beberapa makanan lainnya.

Anda bisa juga menggunakan masker rambut yang bermanfaat dalam memberikan nutrisi pada rambut yang rusak. Untuk membuat masker rambut, anda bisa mencobanya di rumah karena cukup mudah membuatnya. Misalnya bisa mencoba menggunakan campuran buah alpukat dan telur yang bisa menutrisi rambut. Kedua bahan tersebut sangat baik kandungannya dalam menjaga kesehatan rambut. Selain masker rambut, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah keramas sekali dalam seminggu. Gunakan kondisioner dan diamkan selama 15 menit atau lebih. Kemudian bilas hingga bersih dan pastikan tidak meninggalkan sisa di rambut dan kulit kepala. Pastikan juga saat menggunakan kondisioner jangan sampai ada yang mengenai kulit kepala. Hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi lepek dan tidak terlihat cantik.

Jadi, perhatikan tips menggunakan hairspray yang tidak merusak rambut di atas dan beberapa cara perawatannya. Bukankah rambut sehat dan indah merupakan dambaan anda? Merawat dan menjaga lebih baik daripada mengobati, jangan biarkan rambut anda rusak. Semoga Bermanfaat.

Tag:

Penulis: 

author

Posting terkait "Tips Menggunakan Hairspray Tanpa Merusak Rambut"

Tinggalkan pesan "Tips Menggunakan Hairspray Tanpa Merusak Rambut"